Buah Kurma (Phoenix Dactylifera) dan Pemanfaatannya Terhadap Kesehatan (Literature Review)


Ainina, Raudhah Nurul (2021) Buah Kurma (Phoenix Dactylifera) dan Pemanfaatannya Terhadap Kesehatan (Literature Review). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C011181343_skripsi_cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C011181343_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C011181343_skripsi_dp.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C011181343_skripsi_14-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Buah kurma mengandung banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan manusia. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah kurma memiliki zat antioksidan yang kuat, anti karsiogenik, dan anti mikroba. Dalam hal nilai gizi berbagai varietas, buah kurma kaya akan kandungan gula. 80% dari buah kurma dapat memberikan nilai energi yang tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan manfaat buah kurma terhadap kesehatan tubuh, sehingga dianggap perlu untuk dilakukan pencarian literatur penelitian.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode berupa pencarian literatur mengenai manfaat buah kurma dengan kata kunci phoenix dactylifera, date palm, health benefit dan nutritional. Penelitian ini tidak membatasi tahun dari jurnal yang akan direview. Setelah itu dilakukan penyaringan dengan kriteria inklusi yang telah ditentukan dan dilakukan penelitian kualitatif.
Hasil : Dari 1306 artikel diperoleh 11 artikel yang sesuai dengan kriteria kemudian dilakukan review per jurnal. Setelah melakukan review per jurnal menunjukkan bahwa kandungan buah kurma terhadap kesehatan tubuh yaitu sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti mikroba, anti- karsinogenik, anti-mikroba, dapat memberikan efek terhadap gastrointestinal yang dimana dalam daging buah kurma juga terdapat kandungan polifenol dan ekstrak kurma yang telah dicerna dapat meningkatkan kesehatan usus. Buah kurma juga dapat memberikan efek pada kehamilan, laktasi, dan sistem reproduksi yang dimana konsumsi kurma oleh wanita sebelum dan sesudah melahirkan dapat bertindak sebagai tonik untuk memperkuat otot rahim.
Kesimpulan : Buah kurma memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan berdasarkan penelusuran literatur dalam penelitian ini. Oleh karena itu, buah kurma dapat menjadi sebagai anti oksidan, anti karsiogenik, anti mikroba, dan memberikan efek yang sangat baik terhadap ibu hamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 31 May 2022 01:17
Last Modified: 31 May 2022 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item
View Item