DINAMIKA POPULASI IKAN SAPU-SAPU SUCKERMOUTH CATFISH (SILURIFORMES:LORICARIIDAE) DI DANAU TEMPE, KABUPATEN WAJO SULAWESI SELATAN


Iqfanny, Nur Andika (2021) DINAMIKA POPULASI IKAN SAPU-SAPU SUCKERMOUTH CATFISH (SILURIFORMES:LORICARIIDAE) DI DANAU TEMPE, KABUPATEN WAJO SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
L21116015_skripsi_cover1.jpg

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
L21116015_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of datar pustaka] Text (datar pustaka)
L21116015_skripsi_dp.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
L21116015_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui parameter dinamika populasi Ikan sapu-sapu yang meliputi kelompok umur, pertumbuhan, mortalitas, laju eksploitasi, dan Yield per Recruitment Relative (Y/R’) berdasarkan jenis kelamin di Danau Tempe, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-juni 2020. Sampel ikan diperoleh dari hasil tangkapan nelayan dengan menggunakan alat tangkap jaring insang, lanra dan jabba (bubu). Analisis ikan contoh dilaksanakan di Laboratorium Biologi Perikanan, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar. Jumlah total yang diperoleh selama penelitian sebanyak 1010 ekor, yang terdiri atas 644 ekor ikan jantan dan 366 ekor ikan betina. Hasil analisis dengan menggunakan interval kelas panjang 1 cm. Kelompok umur pada ikan sapu-sapu jantan dan ikan betina masing-masing didapatkan 5 dan 4 kelompok umur. Koefisien laju pertumbuhan yang diperoleh pada ikan jantan dan ikan betina sebesar 0,42 per tahun dan 0,10 per tahun yang berarti ikan jantan lebih cepat mencapai panjang maksimum daripada ikan betina. Nilai mortalitas yang diperoleh pada ikan sapu-sapu jantan dan betina menunjukkan bahwa nilai mortalitas lebih disebabkan oleh mortalitas alami daripada nilai mortalitas penangkapan, atau dengan kata lain ikan sapu-sapu di Danau Tempe tingkat eksploitasinya rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ikan sapu-sapu, kelompok umur, pertumbuhan, laju eksploitasi, Yield per Recruitment (Y/R’), Danau Tempe.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 31 May 2022 01:13
Last Modified: 31 May 2022 01:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16205

Actions (login required)

View Item
View Item