KEBIASAAN MAKANAN CUMI-CUMI SIRIP BESAR (Sepioteuthis lessoniana Lesson, 1830) YANG TERTANGKAP DI PULAU SANANE, KECAMATAN LIUKANG TUPPABIRING, KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN


Khatimah, Ariqah Husnul (2021) KEBIASAAN MAKANAN CUMI-CUMI SIRIP BESAR (Sepioteuthis lessoniana Lesson, 1830) YANG TERTANGKAP DI PULAU SANANE, KECAMATAN LIUKANG TUPPABIRING, KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
L21116004_skripsi_cover1.jpg

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
L21116004_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
L21116004_skripsi_dp.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of full taxt] Text (full taxt)
L21116004_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebiasaan makanan cumi-cumi sirip besar (Sepioteuthis lessoniana) yang meliputi jumlah dan jenis makanan berdasarkan waktu pengamatan dan jenis kelamin. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang cara dan kebiasaan makanan (food habit dan feeding habit) yang dapat digunakan dalam pengelolaan cumi-cumi tersebut. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi untuk menentukan kebijakan atau langkah pengelolaan yang tepat dan berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, dari bulan Juli hingga Agustus 2020 di Pulau Sanane, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Analisis cumi contoh dilakukan di Laboratorium Biologi Perikanan, Departemen Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar. Pengambilan sampel cumi-cumi sirip besar diperoleh dari hasil tangkapan nelayan yang beroperasi di P. Sanane. Jumlah sampel cumi-cumi sirip besar yang diperoleh selama penelitian yaitu sebanyak 260 ekor, terdiri atas 149 ekor jantan, 72 ekor betina, dan 39 ekor yang tidak diketahui jenis kelaminnya (unidentified sex). Berdasarkan jumlah dan jenis makanan, baik berdasarkan waktu pengambilan sampel maupun jenis kelamin, dapat disimpulkan bahwa cumi-cumi sirip besar merupakan karnivora dengan ikan dan udang sebagai makanan utama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cumi-cumi sirip besar, kebiasaan makanan, Ikan, Udang, Sepioteuthis lessoniana
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 31 May 2022 01:11
Last Modified: 31 May 2022 01:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16202

Actions (login required)

View Item
View Item