PERAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM KOTA TANPA KUMUH PERMUKIMAN PESISIR KELURAHAN PANGLI-ALI KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT


Saputra, Ade Guna (2021) PERAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM KOTA TANPA KUMUH PERMUKIMAN PESISIR KELURAHAN PANGLI-ALI KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI BARAT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P052171002_tesis_cover1.jpg

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P052171002_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P052171002_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P052171002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya menginisiasi pembangunan platform berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten Majene melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), untuk peningkatan kualitas hunian perkotaan. Kawasan permukiman kumuh Kelurahan Pangali-ali memiliki luas sebesar 17,20 Ha, termasuk dalam kategori kumuh berat dan merupakan kawasan prioritas dalam Program Kotaku kabupaten Majene. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bentuk dan peran masyarakat dalam Program Kotaku di kawasan permukiman pesisir, dan menentukan strategi keberlanjutan peran masyrakat purna pelaksanaan Program Kotaku. Teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling yang di lengkapi dengan kusioner jumlah sampel sebanyak 80 kepala keluarga. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi bentuk dan peran masyarakat wilayah pesisir pada program kota tanpa kumuh, dan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats), untuk menetapkan strategi keberlanjutan peran masyrakat purna Program Kotaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran masyarakat pada Program Kotaku dalam bentuk pengambilan keputusan, menunjukan kurang lebih setengah dari jumlah kepala keluarga yang aktif mengikuti rapat Program Kotaku dan memberikan informasi tentang isu sosial, ekonomi dan lingkungannya. Peran masyarakat yang aktif dalam bentuk pelaksanaan/keterlibatan langsung dalam kegiatan kerja, mendekati jumlah kepala keluarga yang sama dengan peran masyarakat dalam pengambilan keputusan. Peran masyarakat dalam bentuk pemanfaatan program, menunjukkan nilai positif. Sebagian besar penduduk sudah menggunakan air bersih, drainase, jalan dan MCK. Aspek pengelolahan sampah belum mendapat perhatian masyarakat. Bentuk pemeliharaan dari peran masyarakat juga menunjukan nilai positif, dampak pada kebersihan jalan, drainase dan MCK. Strategi keberlanjutan peran masyarakat purna pelaksanaan program kotaku adalah meneruskan peran masyarakat dengan kerja sama lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan memanfaatkan bantuan desa, dalam bentuk pemeliharaan kebersihan lingkungan, dari aspek persampahan, drainase, MCK dan meningkatkan kegiatan pengelolahan sampah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran masyarakat, Program Kotaku
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Manajemen Perkotaan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 18 May 2022 01:01
Last Modified: 31 May 2022 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16198

Actions (login required)

View Item
View Item