PELAKSANAAN E-COURT (ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK) DALAM PERKARA PERDATA


Medellu, Karini Rivayanti (2022) PELAKSANAAN E-COURT (ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK) DALAM PERKARA PERDATA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B022181025_tesis_cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B022181025_tesis_bab 1-2.pdf

Download (757kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B022181025_tesis_dp.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B022181025_tesis_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (962kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan e-Court (administrasi perkara dan persidangan secara elektronik) dalam perkara perdata di Pengadilan Negeri Kota Manado; dan (2) Untuk mengetahui dan menganalisis dampak penggunaan e-Court dalam penanganan perkara perdata di Pengadilan Negeri Kota Manado.
Jenis penelitian adalah penelitian hukum empiris, dengan lokasi penelitian di Kota Manado Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan studi literatur selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan e-Court dalam penanganan perkara perdata di Pengadilan Negeri Kota Manado sudah dapat berkontribusi dalam mewujudkan efisiensi dan efektivitas dalam peradilan, khususnya efisiensi waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh pencari keadilan. Untuk saat ini pengguna e-Court lebih banyak dari kalangan advokat, sedangkan untuk pencari keadilan yang mendaftarkan sendiri secara langsung perkaranya melalui e-Court masih sangat kurang. Pelaksanaan persidangan secara elektronik hanya dilakukan pada tahapan jawab menjawab, panggilan, dan pembacaan putusan, sedangkan untuk proses pembuktian tetap dilakukan secara langsung. (2) Penggunaan e-Court terhadap penanganan perkara perdata di Pengadilan Negeri Kota Manado berdampak pada efisiensi administrasi peradilan sekaligus wujud transparansi proses pencarian keadilan serta mendorong tata perilaku penegak hukum yang profesional, transparan, akuntabel, efektif serta efisien. Dampak langsung yang dirasakan para pencari keadilan sendiri adalah melalui penerapan e-Court sendiri sejatinya membuat masyarakat pencari keadilan dapat lebih mudah mengakses dan mengontrol proses yang sedang berjalan sekaligus melakukan penghematan biaya berperkara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Kenotariatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 27 May 2022 01:47
Last Modified: 27 May 2022 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item
View Item