Implementasi Asas Kecepatan, Kemudahan, dan Keterjangkauan Pada Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Secara Elektronik (Online Single Submission) di PTSP Kota Makassar


Angelina, Yohana Vin (2021) Implementasi Asas Kecepatan, Kemudahan, dan Keterjangkauan Pada Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Secara Elektronik (Online Single Submission) di PTSP Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B021171311_skripsi_cover1.jpg

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B021171311_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B021171311_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B021171311_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, untuk mengetahui bagaimana implementasi asas kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan pada pelaksanaan pelayanan perizinan berusaha secara elektronik (Online Single Submission) di PTSP Kota Makassar dan efektivitas pelayanan perizinan berusaha secara elektronik melalui sistem Online Single Submission sebagai rangka meningkatkan pelayanan di PTSP Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empirik di Kota Makassar dengan populasi DPMPTSP Kota Makassar dan Masyarakat yang menggunakan Sistem OSS.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) Asas kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan pada pelayanan perizinan berusaha secara elektronik (Online Single Submission) telah berjalan cukup optimal meski tidak ideal untuk mencapai asas tersebut, beberapa hal masih perlu pengembangan seperti pemberian informasi dan sosialisasi (2) Sistem Oss di Kota Makassar cukup efektif dibuktikan dengan tiga indikator yaitu adanya tujuan dan sasaran dalam penerapan OSS, kepuasan masyarakat dan sarana prasarana pelayanan. Dengan ini peneliti memberikan saran yaitu: (1) PTSP Kota Makassar meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat dan (2) PTSP Kota Makassar lebih meningkatkan unsur pelayanan yang belum optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 27 May 2022 01:45
Last Modified: 27 May 2022 01:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16152

Actions (login required)

View Item
View Item