Kajian Potensi dan Pengembangan Ekowisata, Kaitannya dengan Parameter Oseanografi di Perairan Pulau Papandangan, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan = A Study of Ecotourism Potential and Development, Relation to Oceanographic Parameters in the Waters of Papandangan Island, Pangkajene dan Kepulauan Regency


Agustina, Agustina (2021) Kajian Potensi dan Pengembangan Ekowisata, Kaitannya dengan Parameter Oseanografi di Perairan Pulau Papandangan, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan = A Study of Ecotourism Potential and Development, Relation to Oceanographic Parameters in the Waters of Papandangan Island, Pangkajene dan Kepulauan Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11116033_skripsi_cover1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11116033_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of daftar Pustaka] Text (daftar Pustaka)
L11116033_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11116033_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pulau Papandangan merupakan salah satu pulau terluar Kabupaten Pangkep yang memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dari bulan September hingga November 2020 di Pulau Papandangan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji parameter oseanografi dan potensi pengembangan ekowisata pulau Papandangan sebagai satu kesatuan tujuan wisata pulau Camba-cambang. Fokus kajian ini adalah potensi ekologis, kondisi sosial-ekonomi dan sarana wilayah yang ada di Pulau Papandangan. Pengumpulan data dilakukan melalui survey lapangan yang meliputi pengukuran parameter kedalaman perairan, tipe pantai, lebar pantai, kemiringan pantai, material dasar perairan, pasang surut, kecepatan arus, kecerahan, pengamatan biota berbahaya, ketersediaan air tawar, tutupan lahan pantai dan salinitas. Pengumpulan data juga dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kesesuaian wisata laut dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan Pulau Papandangan memiliki potensi yang dapat dikembangkan, yaitu potensi ekosistem terumbu karang pada stasiun IV yang dapat dijadikan sebagai dive center; dan potensi wisata pantai pada keempat stasiun memiliki kategori sangat sesuai.
Keywords : Wisata laut, indeks kesesuaian wisata pantai, SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 May 2022 01:42
Last Modified: 27 May 2022 01:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item
View Item