Studi Potensi Pengembangan Objek Wisata Pulau Saugi di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan = Study of the Potential Development of Saugi Island Tourism Objects in Pangkajene and Archipelago Regencies


Hidayat, Akmal (2021) Studi Potensi Pengembangan Objek Wisata Pulau Saugi di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan = Study of the Potential Development of Saugi Island Tourism Objects in Pangkajene and Archipelago Regencies. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11116025_skripsi cover1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11116025_skripsi bab 1-2.pdf

Download (689kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L11116025_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11116025_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pulau Saugi merupakan salah satu pulau yang memiliki destinasi objek tujuan wisata yang akan mendukung Pulau Cambang-cambang sebagai gerbang wisata yang nantinya akan menjadi daerah tujuan wisata. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mattiro Baji, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Provinsi Sulawesi Selatan, pada bulan Februari 2020 sampai Juni 2020 dan bertujuan untuk mengkaji potensi pengembangan objek wisata dari aspek ekologi, ekonomi, sosial budaya dan sarana wilayah di Pulau Saugi. Metode yang digunakan yaitu metode survei lapangan yang meliputi pengambilan data parameter kecepatan arus, kecerahan perairan, kedalaman perairan, lebar pantai, kemiringan pantai, biota berbahaya, ketersediaan air tawar, material dasar perairan, penutupan lahan pantai, dan tipe pantai, analisis indeks kesesuaian wisata, analisis situasional dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pulau Saugi memiliki potensi yang dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai kawasan wisata diantaranya dapat dijadikan wisata budaya dengan memperkenalkan struktur bangunan rumah/hunian tradisional Bugis-Makassar. Pulau Saugi memiliki KJA (Keramba Jaring Apung) yang dapat dikembangkan sebagai potensi eduwisata kepada masyarakat atau wisatawan dengan memberikan pengetahuan dan wawasan tentang bagiamana pengelolaan budidaya biota laut dengan baik. Berdasarkan analisis situasional. Terdapat sembilan rencana strategi pengembangan wisata yang dapat dilakukan.
Keywords : Objek wisata, Indeks kesesuaian wisata, Analisis situasional, Pulau Saugi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 May 2022 00:56
Last Modified: 18 May 2022 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item
View Item