PEMANFAATAN LAHAN TAMBAK IKAN AIR TAWAR MENJADI LAHAN WISATA PEMANCINGAN DALAM KEBERLANJUTAN SUMBERDAYA TAMBAK DI KABUPATEN ENREKANG


Ramli, Nurfika (2022) PEMANFAATAN LAHAN TAMBAK IKAN AIR TAWAR MENJADI LAHAN WISATA PEMANCINGAN DALAM KEBERLANJUTAN SUMBERDAYA TAMBAK DI KABUPATEN ENREKANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041171303_skripsi_cover1.jpg

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L24116504_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041171303_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041171303_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pemanfaatan lahan adalah usaha manusia memanfaatkan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu dalam kehidupan dan keberhasilannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan lahan yang optimal di Kabupaten Enrekang dan potensi perkembangan usaha pemancingan di Kabupaten Enrekang. Penelitian dilaksanakan pada Bulan November sampai Desember Tahun 2020 di Kabupaten Enrekang. Penentuan responden menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 7 dan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 48. Analisis data pemanfaatan lahan menggunakan analisis pendapatan, metode pembanding dan interpretasi citra quicbird. Analisis data potensi pengembangan usaha menggunakan analisis deskriptif dan analisis efisiensi usaha. Hasil penelitian ditemukan bahwa pemanfaatan lahan tambak ikan air tawar lebih optimal ketika dikonversi menjadi lahan wisata pemancingan dilihat dari pendapatan yang diterima, kriteria kesesuaian lahan tambak ikan air tawar menjadi lahan wisata pemancingan terpenuhi. Pengembangan usaha pemancingan memungkinkan dilakukan efisiensi usaha yang menunjukkan R/C > 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lahan, Tambak, Wisata Pemancingan, Optimalisasi, Pengembangan.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 18 May 2022 00:55
Last Modified: 18 May 2022 00:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16130

Actions (login required)

View Item
View Item