Aksesibilitas Rumahtangga Masyarakat Pesisir Dalam Penanggulangan Kemiskinan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Desa Pajukukang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros


Pratiwi, A. Nurul (2022) Aksesibilitas Rumahtangga Masyarakat Pesisir Dalam Penanggulangan Kemiskinan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Desa Pajukukang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041171008_skripsi_cover1.jpg

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041171008_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041171008_skripsi_dp.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041171008_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Aksesibilitas adalah suatu ukuran kemudahan yang dicapai oleh masyarakat terhadap suatu objek, pelayanan atau lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pandemic covid-19 pada rumahtangga masyarakat pesisir, aksesibilitas rumahtangga masyarakat pesisir pada masa pandemic covid-19, serta strategi rumahtangga dalam mengatasi dampak akibat pandemic covid-19 di Desa Pajukukang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2020-Januari 2021 dengan bertempat di Desa Pajukukang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif baik primer maupun sekunder yang didapatkan di lapangan melalui wawancara mendalam, pengamatan langsung (observasi) dan studi dokumen sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan skala likert untuk menilai persepsi responden terhadap aksesibilitas fisik, ekonomi dan sosial.
Hasil Penelitian ditemukan bahwa Dampak dari pandemi covid-19 pada rumahtangga masyarakat pesisir yakni pada akses fisik berdampak pada diberlakukannya jam operasional pasar sehingga waktu untuk mengakses pasar tersebut sangat terbatas, pada akses ekonomi berdampak buruk karena rendahnya penghasilan perbulan yang diakibatkaan oleh turunnya harga jual hasil tangkapan, dan pada akses sosial memberikan dampak yang positif karena semakin eratnya hubungan atau meningkatkan rasa kekeluargaan dalam bertetangga. Pada persepsi terhadap akses fisik rumahtangga masyarakat pesisir Desa Pajukukang dinilai tinggi, akses ekonomi dinilai rendah, dan pada akses sosial dinilai tinggi. Adapun strategi yang dilakukan rumahtangga masyarakat pesisir dalam menanggulangi dampak akibat pandemic covid-19 yaitu dengan melakukan diversifikasi pekerjaan dan istri turut serta dalam mencari nafkah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Pandemi Covid-19, Rumahtangga Masyarakat Pesisir
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 18 May 2022 00:54
Last Modified: 18 May 2022 00:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16128

Actions (login required)

View Item
View Item