PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP NIAT PEMANFAATAN KEMBALI DI RUMAH SAKIT DIRGAHAYU SAMARINDA = THE EFFECT OF THE MARKETING MIX AND PATIENT SATISFACTION ON THE INTENTION OF RE-UTILIZATION IN DIRGAHAYU HOSPITAL, SAMARINDA


Habibi, Habibi (2022) PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP NIAT PEMANFAATAN KEMBALI DI RUMAH SAKIT DIRGAHAYU SAMARINDA = THE EFFECT OF THE MARKETING MIX AND PATIENT SATISFACTION ON THE INTENTION OF RE-UTILIZATION IN DIRGAHAYU HOSPITAL, SAMARINDA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K022191027_tesis_27-04-2022 cover1.png

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K022191027_tesis_27-04-2022 1-2.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K022191027_tesis_27-04-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K022191027_tesis_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Niat pemanfaatan kembali merupakan perilaku konsumen yang menunjukan keinginan untuk melakukan pemanfaatan kembali untuk waktu yang akan datang sebagai perilaku yang timbul karena konsumen merasa puas atau gembira setelah mengkonsumsi suatu produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan kepuasan pasien terhadap niat pemanfaatan kembali di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampelnya menggunakan seluruh pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda yang berjumlah 182 responden.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh bauran pemasaran berdasarkan dimensi product, price, promotion, people, place, physical evidence, dan process terhadap niat pemanfaatan kembali, ada pengaruh kepuasan pasien berdasarkan dimensi respon emosional, respon focus, dan respon waktu tertentu terhadap niat pemanfaatan kembali, serta ada pengaruh bauran pemasaran dan kepuasan pasien secara bersama-sama terhadap niat pemanfaatan kembali di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda. Oleh karena itu, rumah sakit harus terus memperhatikan bauran pemasaran yaitu lebih meningkatkan kelengkapan alat medis untuk mengobati segala jenis penyakit, memudahkan pelayanan administrasi bagi para pasien (pengunjung), memberikan palayanan yang lebih lagi kepada pasien (pengunjung) di semua bagian bauran pemasaran Rumah Sakit, terus meningkatkan volume jangkauan pemasaran agar semakin berkembang.
Keywords : Bauran Pemasaran, kepuasan pasien, pemanfaat kembali

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 May 2022 00:51
Last Modified: 18 May 2022 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16119

Actions (login required)

View Item
View Item