Analisis Risiko kesehatan Pajanan Gas Karbon Monoksida dan Kadar Karboksihemoglobin dalam Darah pada Pekerja Sekitar Basemen di Gedung Graha Pena dan Gedung Mtos = Health Risk Analysis of Carbon monoxide Exposure and Carboxy hemoglobin Levels in the Blood of Workers around the basement in the Graha Pena Building and Mtos Building


Amir, Rahmi (2021) Analisis Risiko kesehatan Pajanan Gas Karbon Monoksida dan Kadar Karboksihemoglobin dalam Darah pada Pekerja Sekitar Basemen di Gedung Graha Pena dan Gedung Mtos = Health Risk Analysis of Carbon monoxide Exposure and Carboxy hemoglobin Levels in the Blood of Workers around the basement in the Graha Pena Building and Mtos Building. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013181009_disertasi_cover1.jpg

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013181009_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K013181009_disertasi_daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013181009_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMI AMIR. Analisis Risiko kesehatan Pajanan Gas Karbon Monoksida dan Kadar Karboksihemoglobin dalam Darah pada Pekerja Sekitar Basemen di Gedung Graha Pena dan Gedung Mtos (dibimbing oleh Anwar Daud, Indar, dan M Furqaan Naiem).

Ruang parkir basemen merupakan salah satu kondisi dalam ruangan dengan kontaminan yang sering hadir berupa gas karbon monoksida yang dikeluarkan dari knalpot mesin mobil sehingga bukaan udara pada basemen mengakibatkan gerakan udara terbatas dan gas karbon monoksida terdispersi menjadi lambat. Oleh karena itu, pekerja yang ada di basemen menghirup udara dengan gas CO yang reaktif terhadap Hb dan membentuk senyawa COHb yang sangat stabil dalam darah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko kesehatan lingkungan akibat paparan karbon monoksida dan kadar karboksihemoglobin dalam darah pekerja basemen di gedung Graha Pena dan MTos. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan potonglintang serta menggunakan metode Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL). Sampel subjek dalam penelitian ini adalah udara ambien yang ada di basemen Graha pena dan Gedung Mtos dan sampel objek adalah pekerja di sekitar basemen, seperti cleaning service, tukang parkir, teknisi keamanan dan satpam. Sampel diambil secara purposive berjumlah 30 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi karbon monoksida pada tempat parkir basemen Graha pena dan Mtos menunjukan nilai rata-rata 14.863 mg/m3berada di atas baku mutu standar sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 2021 dan untuk hasil perhitungan Intake / asupan berisiko di Graha Penadengan nilai 1.374 mg/kg/hari, sedangkan di basemen Mtos dengan nilai intake /asupan sebesar 0.969 mg/kg/hari. Data kuantiatif dianalisis dengan perhitungan nilai Risk Quetion (RQ) realtime pajanan CO masih aman / tidak berisiko dengan RQ < 1, dan untuk RQ Life time (30 tahun) yang didapatkan dari perbandingan antara intake dan nilai RfC menunjukkan ada 3 pekerja memiliki RQ < 1, dan ada 27 pekerja memilki nilai RQ > 1. Diperoleh pula tidak ada hubungan signifikan antara intake realtime dengan kadar karboxihemoglobin dalam darah pekerja sekitar basemen di gedung Graha pena dan gedung Mtos.

Pada lokasi sekitar basemen Graha Pena diperoleh konsentrasi aman (C) < 1797 mg/m3, dengan nilai tE (time exposure) aman < 1 jam/hari dan fE (frekuensi eksposure) aman < 44 hari/pertahun, sedangkan untuk basemen Mtos diperoleh konsentrasi aman < 1.079 mg/m3 dengan tE (time exposure) aman < 1 hari, dan nilai fE (frekuensi exposure) aman < 33 hari. Oleh karena itu, diharapkan kepada Instansi pemerintah yang terkait seperti, dinas tenaga kerja, dinas kesehatan melakukan monitoring secara berkala agar dapat mengambil langkah pencegahan terkait pajanan gas karbon monoksida dan efeknya terhadap karboxyhemoglobin dalam darah.
Keywords : karbonmonoksida, karboksihemoglobi, basemen, analisis risiko kesehatan lingkungan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 May 2022 00:50
Last Modified: 18 May 2022 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16114

Actions (login required)

View Item
View Item