Pengaruh Customer Value Pelayanan Kesehatan Dengan IUR Biaya Terhadap Kepuasan Pasien BPJS ( Studi Kasus RSU Lasinrang, RSUD Andi Makkasau, RS, Dr Sumantri) = The Influence Of Customer Value Health Services With IUR Costs On BPJS Patient Satisfaction (Case Study Of RSU Lasinrang, RSUD Andi Makkasau, RS, Dr. Sumantri)


Thaha, Marwah (2021) Pengaruh Customer Value Pelayanan Kesehatan Dengan IUR Biaya Terhadap Kepuasan Pasien BPJS ( Studi Kasus RSU Lasinrang, RSUD Andi Makkasau, RS, Dr Sumantri) = The Influence Of Customer Value Health Services With IUR Costs On BPJS Patient Satisfaction (Case Study Of RSU Lasinrang, RSUD Andi Makkasau, RS, Dr. Sumantri). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013171001_disertasi_cover1.jpg

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013171001_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K013171001_disertasi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K013171001_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

MARWAH THAHA. Pengaruh Customer Value Pelayanan Kesehatan Dengan IUR Biaya Terhadap Kepuasan Pasien BPJS ( Studi Kasus RSU Lasinrang, RSUD Andi Makkasau, RS, Dr Sumantri). (Dibimbing oleh H. Amran Razak, Indar, dan Fridawaty Rivai).
IUR BIaya ( selisih biaya) dalam program jaminan Kesehatan sebagai upaya peningkatan pelayanan Kesehatan satu tingkat dari hak kepesertaan dasar pada peserta non PBI untuk mendapatkan kepuasan pelayanan kesehatan pasien BPJS. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh customer value pelayanan kesehatan dengan iur biaya terhadap kepuasan pasien BPJS. Penelitian
Mixed Methods, memadukan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dengan desain Structural Equation Modelling, sebanyak 15 partisipan dan 300 responden yang diambil dari tiga (3) rumah Sakit
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai P pada variabel customer value (Service, Quality, Cost,Social,Informasi, Past Experience) dalam hubungannya dengan kepuasan ( P = 0,001 ) menerangkan bahwa semua variabel signifikan dengan nilai koefesien beta=0,90. Customer value dari 7 indikator ( service, quality,cost,social,informasi, past experience, iur biaya) yang paling berpengaruh adalah indikator IUR Biaya dengan nilai kofesien beta=0,90. Customer value dengan 7 indikator dalam hubungannya dengan kepuasan ( P = 0,001 ) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai kofesien beta=0,98 kali. IUR Biaya memberikan pengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien BPJS yang meningkatkan pelayanannya satu tingkat dari hak kepesertaannya. Perlunya pihak rumah sakit lebih transparan kejelasan IUR biaya dan peningkatan fasilitas pelayanan serta lebih ramah dengan prinsip 5 S sehingga tercipta interaksi yang baik antara pasien dengan para petugas pelayanan Kesehatan
Keywords : Customer Value, IUR Biaya, Kepuasan Pasien BPJS

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 May 2022 00:45
Last Modified: 18 May 2022 00:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16091

Actions (login required)

View Item
View Item