Implementasi Peraturan Internal Rumah Sakit Oleh Komite Medik Dalam Peningkatan Tata Kelola Klinis Yang Baik di Rumah Sakit


Kitta, Pasrah (2021) Implementasi Peraturan Internal Rumah Sakit Oleh Komite Medik Dalam Peningkatan Tata Kelola Klinis Yang Baik di Rumah Sakit. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012191041_tesis_cover1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012191041_tesis_bab 1-2.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012191041_tesis_dp.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B012191041_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsep peraturan internal Rumah Sakit serta bagaimana Komite Medik mengimplementasikan peraturan tersebut dalam peningkatan tata kelola klinis yang baik di Rumah Sakit Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan empiris yaitu dengan membahas aspek sosial yang melingkupi gejala hukum. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu dengan menganalisis data yang dikumpulkan dari hasil wawancara dengan beberapa responden dan data sekunder berupa literature hukum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peraturan internal rumah sakit (hospital by laws) di rumah sakit umum daerah pemerintah provinsi Sulawesi Selatan belum diterapkan dengan baik. Hospital by laws (HBL) hanya digunakan sebatas untuk kebutuhan administrasi pada proses akreditasi rumah sakit. Hal ini menunjukkan bahwa HBL yang seharusnya menjadi acuan dasar dalam penyelenggaraan pelayanan rumah sakit hanya dipandang sebagai kelengkapan berkas yang sifatnya hanya formalitas. Rendahnya pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya HBL disebabkan oleh tidak adanya sosialisasi kepada seluruh petugas medis di rumah sakit. Hal ini juga menyebabkan komite medik kurang maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam meningkatkan tata kelola klinik yang baik di rumah sakit. Berdasarkan pertauran penyusunan HBL, rumah sakit perlu melakukan review dan evaluasi terhadap HBL yang dimiliki rumah sakit agar selalu relevan dan mengikuti perkembangan serta kebutuhan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 May 2022 00:44
Last Modified: 18 May 2022 00:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item
View Item