Pengaruh penambahan Buah Sirsak (Annona muricata Linn) dan Tepung Maizena Terhadap Sifat Fisik Cokelat Oles = The Effect Of Adding Soursop Fruit (Annona muricata Linn) and Maizena Flour on The Physical Properties Of Chocolate Spread


Widyastuti, Wiwiek (2022) Pengaruh penambahan Buah Sirsak (Annona muricata Linn) dan Tepung Maizena Terhadap Sifat Fisik Cokelat Oles = The Effect Of Adding Soursop Fruit (Annona muricata Linn) and Maizena Flour on The Physical Properties Of Chocolate Spread. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G31116501_skripsi_cover1.jpg

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G31116501_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G31116501_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G31116501_skripsi_19-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Cokelat oles merupakan produk olahan cokelat yang biasa digunakan sebagai olesan roti. Cokelat oles dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan seperti minyak nabati, gula, susu dan tepung sebagai bahan pengikat. Cokelat oles merupakan salah satu jenis produk olahan dari buah kakao. Tujuan dari penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui konsentrasi dari penambahan buah sirsak dan tepung maizena serta mengetahui formulasi terbaik dari pengujian organoleptik dan sifat fisikokimia. Penambahan dilakukan umtuk menambah nilai gizi serta memberikan rasa baru pada produk cokelat oles. Metode yang digunakan yaitu proses pembuatan produk diawali dengan pembuatan bubur buah sirsak kemudian dilanjutkan dengan proses pembuatan cokelat oles dengan konsentrasi A1 dengan konsentrasi buah sirsak 175 g : tepung maizena 3 g : bubuk kakao 59 g, A2 dengan konsentrasi buah sirsak 150 g : tepung maizena 6 g : bubuk kakao 81 g dan A3 dengan konsentrasi buah sirsak 125 g : tepung maizena 9 g : bubuk kakao 103 g. Setelah itu, diuji organoleptik, uji kadar air, uji kadar lemak dan uji viskositas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu produk cokelat oles pada pengujian organoleptik dengan penambahan bubur buah sirsak untuk masing-masing parameter pegujian berpengaruh nyata. Pada pengujian sifat fisikokimia masing-masing parameter pengujian tidak berpengaruh nyata. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penambahan buah sirsak pada pembuatan cokelat oles yaitu, meningkatkan nilai gizi pada cokelat oles, tepung maizena sebagai bahan pengikat agar tidak terjadi penyusutan karena adanya proses pemasakan. Hasil formulasi terbaik pengujian organoleptikdan sifat fisikokimia yaitu terdapat pada perlakuan A2 dengan konsentrasi buah sirsak 200 g : tepung maizena 6 g : bubuk kakao 86 g.
Keywords : cokelat oles, organoleptik, sirsak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 07:02
Last Modified: 17 May 2022 07:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item
View Item