PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PT SARI LEMBAH SUBUR TERHADAP MASYARAKAT DESA GENDUANG, KECAMATAN PANGKALAN LESUNG, KABUPATEN PELALAWAN, PROVINSI RIAU = Implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) at PT Sari Lembah Subur to the Community of Genduang Village, Pangkalan Lesung District, Pelalawan Regency, Riau Province


Anugra, Sainul Aulia (2022) PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PT SARI LEMBAH SUBUR TERHADAP MASYARAKAT DESA GENDUANG, KECAMATAN PANGKALAN LESUNG, KABUPATEN PELALAWAN, PROVINSI RIAU = Implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) at PT Sari Lembah Subur to the Community of Genduang Village, Pangkalan Lesung District, Pelalawan Regency, Riau Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181338_skripsi_27-04-2022 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181338_skripsi_27-04-2022 1-2.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181338_skripsi_27-04-2022 dp.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181338_skripsi_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang CSR diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas, yang berisi “mewajibkan perusahaan berbentuk perseroan terbatas (PT) untuk melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan”. PT Sari Lembah Subur (PT SLS) selain mengelola perkebunan sendiri juga ikut mengolah hasil kelapa sawit dari perkebunan rakyat di sekitar perusahaan. Perusahaan membeli kelapa Tandan Buah Sawit (TBS) dari perkebunan rakyat sebagai salah satu program CSR-nya. Disamping itu beberapa program CSR yang dilaksanakan perusahaan berkaitan dengan hal-hal yang bersifat sosial kemasyarakatan dan lingkungan agar image PT SLS baik di mata masyarakat. Tujuan Mengetahui penerapan CSR pada PT SLS Terhadap Masyarakat Desa Genduang, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Metode Penelitian kualitatif dan menggunakan analisis secara interaktif dari Mile dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program CSR dari PT SLS memberikan dampak positif, sehingga image perusahaan ini baik di mata masyarakat. Kesimpulan Bentuk CSR dari PT SLS terbagi dalam 5 aspek yaitu kesehatan; pendidikan; sosial budaya, agama, dan olahraga; lingkungan dan ekonomi; dan infrastruktur. Dalam hal ini sudah sesuai dengan konsep tripple bottom line yang dikemukakan oleh John Elkington, dimana semua aspek telah mengisi setiap bagian dari people, planet, dan profit. Hal tersebut memberikan dampak positif terhadap masyarakat karena perusahaan ini telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya dengan baik dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat dan tentunya lingkungan di Desa Genduang. Melalui program CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan ini dianggap telah menjalankan misi dari PT SLS yaitu “Menjadi Panutan dan Berkontribusi untuk Pembangunan serta Kesejahteraan Bangsa”.
Keywords : Corporate Social Responsibility (CSR), PT Sari Lembah Subur (PT SLS), Analisis Interaktif Mile dan Huberman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 06:57
Last Modified: 17 May 2022 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16047

Actions (login required)

View Item
View Item