Analisis Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan Di Wilayah Kerja BPP Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros = Analysis of The Performance of Field Agricultural Extension in the Working Area of BPP Moncongloe District Maros Regency


Musfirah, Ira (2022) Analisis Kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan Di Wilayah Kerja BPP Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros = Analysis of The Performance of Field Agricultural Extension in the Working Area of BPP Moncongloe District Maros Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116037_skripsi_cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116037_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116037_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116037_skripsi_14-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kecamatan Moncongloe merupakan kecamatan yang membutuhkan penyuluh pertanian yang memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan pembangunan dibidang pertanian. Keberhasilan seorang penyuluh ditentukan oleh kompetensinya dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh petani. Untuk itu penyuluh harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, berpengetahuan luas, bersikap mandiri dan mampu menempatkan dirinya sesuai dengan karakteristik petani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi faktor internal dan eksternal yang mendukung kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Moncongloe dan untuk mengetahui kinerja penyuluh pertanian lapangan di wilayah kerja BPP Kecamatan Moncongloe. Penelitian ini berlokasi di kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Moncongloe dan seluruh desa yang ada di Kecamatan Moncongloe. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Penentuan kategori didapatkan berdasarkan penilaian atau skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang diidentifikasikan mendukung kinerja Penyuluh Pertanian di BPP Kecamatan Moncongloe adalah faktor usia, tingkat pendidikan, dan masa kerja penyuluh. Faktor eksternal yang mendukung penyuluh pertanian di BPP Kecamatan Moncongloe adalah ketersediaan sarana, prasarana, informasi, sistem penghargaan, intensitas penyuluhan, dan tempat tinggal penyuluh. Kinerja Penyuluh Pertanian di BPP Kecamatan Moncongloe menunjukkan hasil yang sangat baik. Beberapa indikator yang menghasilkan kinerja yang sangat baik antara lain tersusunnya program penyuluhan pertanian sesuai dengan kebutuhan petani, tersusunnya rencana kerja penyuluhan pertanian di wilayah kerja masing-masing, tersedianya data peta wilayah untuk pengembangan teknologi spesifik lokasi sesuai dengan pengwilayahan komoditas unggulan, dan terdiseminasinya informasi teknologi pertanian secara merata dan sesuai dengan kebutuhan petani.
Keywords : Kinerja Penyuluh, PPL, Faktor internal dan eksternal, Kecamatan Moncongloe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 06:50
Last Modified: 17 May 2022 06:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16034

Actions (login required)

View Item
View Item