ISNIS MODEL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAIN TENUN SUTRA (Studi Kasus Usaha Kain Tenun Sutra CV Arni Kurnia Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan) = BUSINESS MODEL AND SILK WOVEN FABRIC BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY (Case Study of Silk Woven Fabric Business CV Arni Kurnia Sengkang, Wajo Regency, South Sulawesi Province)


Azis, Asriyani (2022) ISNIS MODEL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAIN TENUN SUTRA (Studi Kasus Usaha Kain Tenun Sutra CV Arni Kurnia Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan) = BUSINESS MODEL AND SILK WOVEN FABRIC BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY (Case Study of Silk Woven Fabric Business CV Arni Kurnia Sengkang, Wajo Regency, South Sulawesi Province). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116003_skripsi_cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116003_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (872kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116003_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (958kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116003_skripsi_19-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ASRIYANI AZIS. BISNIS MODEL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAIN TENUN SUTRA (Studi Kasus Usaha Kain Tenun Sutra CV Arni Kurnia Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan). Dibimbing oleh M. Saleh. S. Ali dan Letty Fudjaja.
Usaha Sutra CV Arni Kurnia adalah salah satu usaha sutra di Kabupaten Wajo yang memproduksi kokon sutra hingga menjadi produk sutra. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui model bisnis dan strategi bisnis Usaha sutra CV Arni Kurnia. Metode yang digunakan adalah pendekatan Business Model Canvas yang tergambarkan dalam komponen 9 blok dipadukan dengan keinginan konsumen yang didapatkan melalui peta empati dan analisis SWOT untuk menentukan strategi pengembangan usaha. Adapun strategi tersebut yaitu strategi SO (Strength-Opportunity) yang perlu yaitu memperluas pangsa pasar, meningkatkan kualitas produk. Meningkatkan pelayanan cepat pada sosial media dijadikan alasan mengapa customer segmen memilih berlangganan dengan Usaha Sutra CV Arni Kurnia dari pada usaha lain. Pada Strategi ST (Strength-Threat) beberapa hal yang perlu ditempuh antara lain membuat inovasi produk sehingga Usaha Sutra CV Arni Kurnia mempunyai ciri khas, membangun hubungan baik dengan pemasok dan memberikan peluang dan kepercayaan kepada calon tenaga kerja dalam membuat karya hasil tenunnya. Pada Strategi WO (Weakness-Opportunity), beberapa hal yang perlu ditempuh yaitu menciptakan strategi promosi pada media sosial dengan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, dan membuat jenis produk dengan harga yang mampu bersaing sehingga dapat dipilih oleh konsumen kelas bawah. Pada Strategi WT (Weakness-Threat), beberapa hal yang perlu ditempuh yaitu memberikan promosi sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan menjaga kepercayaan konsumen agar tetap mempercayai produk Usaha Sutra CV Arni Kurnia sebagai produk yang mereka minati.
Kata Kunci: Usaha Sutra CV Arni Kurnia; Model Bisnis; Peta Empati; SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 06:49
Last Modified: 17 May 2022 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16032

Actions (login required)

View Item
View Item