STUDI KONSENTRASI MIKROPLASTIK PADA AIR DAN USUS IKAN HASIL TANGKAPAN DI DANAU TOWUTI, LUWU TIMUR, SULAWESI SELATAN = STUDY ON MICROPLASTIC CONCENTRATION IN WATERBODY AND GUT OF FISH FROM LAKE TOWUTI, EAST LUWU, SOUTH SULAWESI


Yusuf, Muh. Amri (2021) STUDI KONSENTRASI MIKROPLASTIK PADA AIR DAN USUS IKAN HASIL TANGKAPAN DI DANAU TOWUTI, LUWU TIMUR, SULAWESI SELATAN = STUDY ON MICROPLASTIC CONCENTRATION IN WATERBODY AND GUT OF FISH FROM LAKE TOWUTI, EAST LUWU, SOUTH SULAWESI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L012191002_tesis cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L012191002_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L012191002_tesis daftar pustaka.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L012191002_tesis.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi, karakteristik dan polimer mikroplastik yang berada di air dan usus ikan hasil tangkapan di Danau Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Pengambilan sampel air pada sembilan titik dan masing-masing terdiri dari lima kali ulangan yaitu: A, Timampu; B, outlet; C, Lengke; D, Lengkobale; E, Tokalimbo; F, Tomeraka; G, Lengkona; H, Inlet; I, Tengah. Pengambilan sampel usus ikan pada lima spesies yaitu; ikan butini (Glossogobius matanensis), ikan louhan (Cichlasoma trimaculatum), ikan betok (Anabas testudineus), ikan nila (Oreochromis niloticus) dan ikan gabus (Channa striata), masing-masing terdiri dari 11-15 ekor yang diambil dari titik C, Lengke; G, Lengkona dan H, Inlet. Identifikasi polimer dengan metode FT-IR. Pengolahan data konsentrasi mikroplastik menggunakan ANOVA one-way, Tukey post hoc test dan uji statistik non-parametrik Bartlett test. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi mikroplastik 7,36-26,28 partikel/liter pada air dan 0,036-0,117 partikel/gram pada usus ikan. Karakteristik partikel mikroplastik berwarna biru mendominasi, diduga karena alat tangkap perikanan dan cat dari kapal yang digunakan sebagai alat transportasi di perairan danau. Partikel mikroplastik bentuk fragmen yang mendominasi di perairan diduga dari tumpukan sampah plastik yang terdegradasi dan cat kapal, sedangkan dominasi partikel mikroplastik bentuk serat pada usus ikan diduga dari alat tengkap perikanan yang digunakan nelayan. Ditemukan empat jenis polimer, yaitu; polietilen, polianilin, poliester dan cat anti korosi/anti fouling.
Keywords : konsentrasi, karakteristik, polimer, ikroplastik, Danau Towuti

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 00:26
Last Modified: 24 Jun 2024 03:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16025

Actions (login required)

View Item
View Item