PENAMBANGAN EMAS DAN PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DI KABUPATEN BURU KECAMATAN TELUK KAIELY PROVINSI MALUKU = GOLD MINING AND SOCIO-ECONOMIC CHANGES OF COASTAL COMMUNITIES IN BURU REGENCY KAIELY BAY SUBDISTRICT MALUKU PROVINCE


Firmansyah, Firmansyah (2022) PENAMBANGAN EMAS DAN PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DI KABUPATEN BURU KECAMATAN TELUK KAIELY PROVINSI MALUKU = GOLD MINING AND SOCIO-ECONOMIC CHANGES OF COASTAL COMMUNITIES IN BURU REGENCY KAIELY BAY SUBDISTRICT MALUKU PROVINCE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L012191001_tesis_cover1.jpg

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L012191001_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L012191001_tesis_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L012191001_tesis_dp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Selama keberadaan tambang emas tradisional di gunung botak Kecamatan Teluk Kaiely Kabupaten Buru Provinsi Maluku telah terjadi banyak berubahan pada kehidupan masyarakat setempat. metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara observasi, dan studi kepustakaan. informan dalam penelitian ini terdiri dari nelayan, dan salah satu yang perna menjadi penambang emas. penyajian data verifikasi/kesimpulan. hasil penelitian menunjukan Secara Ekonomi bahwa ada perubahan yang dialami oleh masyarakat, setelah adanya pertambangn emas, yaitu permintaan ikan lebih tinggi dan menggakibatkan pendapatan meningkat, sedangkan Secara sosial penurunan aktivitas nelayan untuk melaut, disebabkan sebagian dari mereka memiliki mata pencaharian lain yang berhubungan dengan penambangan emas.
Keywords : Dampak Perubahan Sosial, Bagi Kehidupan Masyarakat Pesisir.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 00:25
Last Modified: 17 May 2022 00:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/16023

Actions (login required)

View Item
View Item