ANALISIS TUTUPAN DASAR DAN KONDISI TERUMBU KARANG KAITANNYA DENGAN SEBARAN KELIMPAHAN IKAN TARGET DI PULAU PUTIANGIN, KABUPATEN BARRU = Analysis of Reef Coverage and Condition in Relation to the Distribution of Target Fish Abundance in Putiangin Island, Barru Regency


Mutmainnah, Nurul (2022) ANALISIS TUTUPAN DASAR DAN KONDISI TERUMBU KARANG KAITANNYA DENGAN SEBARAN KELIMPAHAN IKAN TARGET DI PULAU PUTIANGIN, KABUPATEN BARRU = Analysis of Reef Coverage and Condition in Relation to the Distribution of Target Fish Abundance in Putiangin Island, Barru Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11116510_skripsi cover1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11116510_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L11116510_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11116510_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kondisi terumbu karang memengaruhi keanekaragaman jenis ikan karang dan distribusi ikan karang target. Kelompok ikan karang target merupakan kelompok ikan yang berasosiasi dengan terumbu karang. Tingginya keragaman dan produktivitas biota laut yang menghuni terumbu karang sejalan dengan tingginya tekanan dan aktivitas penangkapan yang tidak ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tutupan dasar dan kondisi terumbu karang, sebaran jenis dan kelimpahan ikan target, indeks ekologi dan status kelimpahan ikan target dan kaitan antara keragaman tutupan dasar dan kelimpahan ikan target. Penelitian ini dilakukan di Pulau Putiangin, Kabupaten Barru dengan melakukan pengamatan di 3 stasiun pada kedalaman 5m menggunakan metode Underwater Photo Transect (UPT) untuk mengamati tutupan terumbu karang dan Underwater Visual Census (UVC) pada ikan karang target famili Acanthuridae, Haemulidae, Kyphosidae, Labridae Lethrinidae, Lutjanidae, Mullidae, Serranidae, dan Siganidae. Tutupan substrat dasar dianalisis menggunakan software CPCe berdasarkan kelompok kategori lifeform karang hidup, karang mati, alga, abiotik dan other. Ikan karang target dianalisis menggunakan uji One Way Anova dan analisis komponen utama (PCA). Hasil penelitian menunjukkan persentase tutupan karang hidup antara 25,87-40,80% artinya kondisi terumbu karang termasuk dalam kategori sedang yang dominasi karang masif dan Acropora bercabang. Kelimpahan jenis ikan antara 8–12 jenis dan kelimpahan ikan karang target antara 19–116 individu/transek. Indeks keanekaragaman (H’) termasuk kategori sedang, indeks keseragaman (E) dari stabil hingga tertekan, dan indeks dominansi (D) termasuk rendah. Status kelimpahan ikan termasuk sedikit hingga melimpah yang dicirikan dengan keberadaan variasi tutupan substrat terumbu karang dan parameter oseanografi.
Kata kunci: terumbu karang, ikan karang target, Pulau Putiangin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 00:18
Last Modified: 17 May 2022 00:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item
View Item