Strategi Coping Masyarakat dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Permukiman Kumuh Perkotaan selama Pandemi Covid-19:Systematic Review = Community Coping Strategies in Clean and Healthy Lifestyles in Urban Slums during the Covid-19 Pandemic:Systematic Review


Mar'iyah, Rubi Husnul (2022) Strategi Coping Masyarakat dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Permukiman Kumuh Perkotaan selama Pandemi Covid-19:Systematic Review = Community Coping Strategies in Clean and Healthy Lifestyles in Urban Slums during the Covid-19 Pandemic:Systematic Review. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116021_skripsi_cover1.jpg

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116021_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116021_skripsi_dp.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116021_skripsi_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang :Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Karakter permukiman kumuh perkotaan dan ancaman Covid-19 membuat masyarakat memerlukan strategi Coping khususnya dalam hal PHBS untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tujuan : Mendapatkan gambaran kondisi sanitasi masyarakat dan mengetahui strategi Coping masyarakat dalam PHBS pada masyarakat permukiman kumuh perkotaan selama pandemi Covid-19. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode systematic review. Pencarian studi menggunakan database elektronik (Google Scholar, Science Direct, ProQuest, dan CrossRef) dan artikel didapatkan berjumlah 359 studi. Untuk menjabarkan proses dalam mencari jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi digunakan bagan PRISMA. Dua pengulas menyaring, dan mengekstrak studi berkualitas menggunakan JBI Critical Appraisal yang didokumentasikan dalam Covidence. Hasil: Jumlah studi yang masuk kedalam tahap sintesis sebanyak 9 studi. Terdapat 3 jurnal yang melaporkan ketersediaan Air dan toilet dan 9 jurnal mengenai strategi Coping masyarakat dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Ketersediaan air pada permukiman kumuh perkotaan lebih banyak yang melaporkan tersedia nya air, sedangkan untuk ketersediaan toilet, ada yang melaporkan penggunaan toilet bersama, toilet pribadi, dan masih ada yang tidak memiliki toilet. Terdapat beberapa strategi Coping masyarakat dalam perilaku hidup bersih dan sehat selama pandemi covid-19. Strategi Coping tersebut yaitu strategi Coping yang berfokus pada masalah dan strategi Coping yang berfokus pada emosi. Kesimpulan: Sanitasi masyarakat pada permukiman kumuh perkotaan dapat dilihat melalui ketersediaan air dan ketersediaan toilet. Sedangkan strategi Coping masyarakat dalam perilaku hidup bersih dan sehat selama pandemi covid-19 yang paling banyak dilakukan yaitu strategi coping yang berfokus pada masalah.
Keywords : Strategi Coping;Sanitasi;Permukiman kumuh;Covid-19;Systematic Review;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 00:16
Last Modified: 17 May 2022 00:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15961

Actions (login required)

View Item
View Item