Pengaruh karakteristik peternak terhadap tingkat adopsi pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak sapi potong di desa samangki kecamatan Simbang kabupaten maros = The Effect of Farmer Characteristics on the Adoption Rate of Agricultural Waste Utilization as Beef Cattle Feed in Samangki Village, Simbang District, Maros Regency.


Sadera, Sadera (2022) Pengaruh karakteristik peternak terhadap tingkat adopsi pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak sapi potong di desa samangki kecamatan Simbang kabupaten maros = The Effect of Farmer Characteristics on the Adoption Rate of Agricultural Waste Utilization as Beef Cattle Feed in Samangki Village, Simbang District, Maros Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011181003_skripsi_cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011181003_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011181003_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011181003_skripsi_18-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sadera (I011 18 1003). Pengaruh Karakteristik Peternak Terhadap Tingkat Adopsi Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Pakan Ternak Sapi Potong Di Desa Samangki Kecamatan Simbang Kabupaten Maros Di bawah bimbingan Agustina Abdullah selaku Pembimbing Utama dan Amidah Amrawaty sebagai pembimbing anggota.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2021 sampai bulan januari 2022 di Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros. Lokasi ini dipilih peneliti dengan alasan karena di Desa Samangki, Kecamatan Simbang memiliki populasi sapi potong yang cukup serta limbah pertanian terutama jerami padi dan jerami jagung yang melimpah pada masa panen namun belum cukup dimanfaatkan peternak sebagai pakan pengganti hijauan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatori yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan pengaruh karakteristik peternak (umur, pendidikan, pengalaman beternak, jumlah tanggungan keluarga serta intensitas penyuluhan) terhadap adopsi pemanfaatan limbah tanaman pangan sebagai pakan ternak sapi potong. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 84 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Dalam penelitian ini digunakan analisis data regresi logistik biner dengan menggunakan program pengolah data yaitu program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil bahwa adanya peternak yang tidak melakukan adopsi pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak sapi potong di Desa Samangki Kecamatan Simbang kabupaten Maros masih banyak. Hal ini berkaitan dengan kesadaran peternak itu sendiri dalam memgambil keputusan untuk melakukan adopsi. Adapun pengaruh karakteristik peternak terhadap adopsi pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak sapi potong hanya sebesar 18,3% dan sekitar 81,7% pengaruh dari luar variabel karakteristik yang di angkat. Angka ini dinilai masih sangat rendah jika dibandingkan dengan pengaruh lain selain dari karakteristik peternak itu sendiri. Pengalaman beternak menjadi satu-satunya variabel yang memiliki pengaruh terhadap adopsi pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak sapi potong.
Kata Kunci : Adopsi, Karakteristik, Limbah, Peternak, Pertanian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 May 2022 00:10
Last Modified: 17 May 2022 00:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15954

Actions (login required)

View Item
View Item