Achmad, Achmad (2020) Studi Pengaruh Kebisingan Terhadap Pemukiman Disepanjang Jalur Kereta Api Makassar-Pare Pare. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
D012181032_tesis cover.png
Download (148kB) | Preview
D012181032_tesis 1-2.pdf
Download (1MB)
D012181032_tesis.pdf
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kebisingan eksisting kereta api pada jalur kereta api antara Stasiun Yogyakarta – Stasiun Maguwo, menganalisis persepsi masyarakat disekitar jalur kereta api antara Stasiun Yogyakarta – Stasiun Maguwo, dan analisis pemakaian barrier terhadap tingkat pengurangan kebisingan kereta api antara Stasiun Yogyakarta – Stasiun Maguwo. Lokasi penelitian berada di kawasan pemukiman Karang Bendo RT.10 no.2 Kidul rel Jaranan, Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan survey lokasi, penyebaran kuisioner kepada penduduk yang berada disekitar rel kereta api tersebut, dan melakukan pengambilan data kebisingan dengan menggunakan alat Sound Level Meter. Hasil yang di peroleh adalah Nilai kebisingan eqivalen dibandingkan dengan standar kebisingan KepMen-LH No. 48 Tahun 1996 untuk kawasan pemukiman yang nilainya adalah 55 dB. Data tersebut menunjukkan bahwa 100% data melewati standar kebisingan. Selanjutnya hasil uji regresi untuk radius 0-50 m menjukkan adanya pengaruh sebesar 74% (Adjusted R Square, 0,914), sedangkan hasil uji regresi untuk radius 50-100 m menjukkan adanya pengaruh sebesar 69% (Adjusted R Square, 0,914). Dari hasil analisis pengurangan tingkat kebisingan tanpa kereta api dengan menggunakan barrier, yang paling efektif untuk mengurangi tingkat kebisingan adalah pengurangan barrier yang menggunakan material brick atau bata.
Kata Kunci : Tingkat kebisingan, SLM, Kereta Api, Stasiun, dB
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 21 Dec 2020 07:36 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 05:13 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1593 |