Performa reproduksi kepiting rajungan betina (Portunus pelagicus) sebagai Sumber Induk dari Perairan Suppa, Kab. Pinrang Sulawesi Selatan = Reproductive performance of female crab crabs (Portunus pelagicus) as the mother source of Suppa waters


Amiruddin, Auniah (2022) Performa reproduksi kepiting rajungan betina (Portunus pelagicus) sebagai Sumber Induk dari Perairan Suppa, Kab. Pinrang Sulawesi Selatan = Reproductive performance of female crab crabs (Portunus pelagicus) as the mother source of Suppa waters. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L22116525_skripsi cover1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L22116525_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L22116525_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L22116525_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pembenihan rajungan sudah mulai dilakukan untuk mendukung pembesaran dan produksi dari tambak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa reproduksi rajungan betina dari perairan Suppa, kabupaten Barru untuk menentukan induk ini dapat digunakan sebagai sumber induk yang berkualitas. Sampel sebanyak 40 rajungan betina dengan lebar karapas 7,5-11,7 cm menggendong telur berwarna oranye, coklat dan hitam masing-masing sebanyak 10 ekor induk rajungan digunakan untuk mngukur fekunditas dan diameter telur dan 10 ekor ditetaskan berwarna hitam yang didapatkan dari pengumpul yang masih hidup dari perairan Suppa. Pengukuran dan penetasan dilakukan di Hatchery Kepiting Universitas Hasanuddin Desa Bojo Kabupaten Barru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin berkembangnya telur maka telur semakin besar yang ditunjukkan oleh perbedaan warna telur mulai dari warna oranye, coklat dan hitam. Total larva yang diperoleh dari penelitian ini berkisar antara 23 – 84% dan Salinitas air yang di dapatkan yaitu 42 (ppt), suhu 27 ˚C dan ph 8,3dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Performa reproduksi induk rajungan betina dari Suppa menunjukkan hasil yang cukup tinggi, sehingga masih bisa digunakan sebagai sumber induk untuk menghasilkan induk yang berkualitas.
Keywords : Diameter telur, fekunditas, jumlah larva, perairan Suppa, Portunus pelagicus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 May 2022 06:51
Last Modified: 11 May 2022 06:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item
View Item