Relasi Aktor dalam Politik Pembangunan Kota: Studi Kasus Kebijakan Program Reklamasi Pantai di Kota Makassar


SAKINAH NADIR, - (2021) Relasi Aktor dalam Politik Pembangunan Kota: Studi Kasus Kebijakan Program Reklamasi Pantai di Kota Makassar. D3 thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada.

[thumbnail of SakinahNadir_KaryaIlmiahDosen.pdf] Text
SakinahNadir_KaryaIlmiahDosen.pdf

Download (351kB)

Abstract (Abstrak)

Studi ini mengkaji tentang politik pembangunan kota terkait dengan adanya kebijakan pembanguana yang melibatkan beragam aktor dan kepentingan didalamnya. Dengan mengambil kasus kebijakan program reklamasi pantai di kota Makassar. Persoalan kunci yang dieksplorasi dalam penelitian ini terkait dengan bagaimana pengaruh aktor-aktor dominan terutama aktor negara dan aktor swasta dalam kebijakan pembangunan. Fokus penelitian ini terletak pada upaya untuk menganalisis jejaring dan relasi informal maupun personal yang mempengaruhi arah dan implementasi kebijakan pembangunan kota.
Untuk menjelaskan dan memberi makna terhadap temuan-temuan penelitian, studi ini menggunakan kerangka pendekatan new institutionalism yang dikembangkan oleh Grubovic dan teori Advocacy Coalition Framework. Sementara itu spatial planning dipergunakan sebagai konsep pendukung. Cara kerja dalam penelitian ini mengikuti tata aturan penelitian kualitatif (qualitative research) dengan menggunakan studi kasus sebagai jenis penelitian. Pilihan program reklamasi sebagai kebijakan pembangunan kota di Makassar sebagai sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam sehingga mampu membongkar realitas di balik fenomena tersebut.
Temuan utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktor swasta memberi pengaruh besar dan menjadi aktor dominan dalam kebijakan reklamasi pantai di Makassar yang seharusnya menjadi otoritas aktor negara. Untuk mendapatkan posisi tersebut aktor swasta membangun relasi-relasi informal dengan aktor pemerintah terutama individu-individu dari aktor pemerintah yang memiliki otoritas dan kekuasaan besar dalam menentukan keberlangsungan kebijakan reklamasi. Melalui relasi-relasi informal, aktor swasta berupaya memanfaatkan nilai-nilai kultural yang ada dalam konteks masyarakat Bugis-Makassar yang masih kental mempengaruhi sistem pemerintahan di Makassar. Nilai budaya Bugis- Makassar yang senantiasa berupaya menjunjung tinggi dan menghormati pentingnya relasi kekeluargaan dan komunitas menjadi pintu masuk bagi actor swasta untuk mengikat komitmen aktor pemerintah. Komitmen yang terbangun antara dua aktor tersebut, bagi pihak swasta untuk memastikan posisi dan keberlanjutan investasinya, sedangkan bagi aktor pemerintah dalam hal ini tokoh penting dalam kebijakan memastikan jaminan keberlangsungan kepentingan mereka dalam menjaga relasi-relasi sosial dan membagi sumberdaya kepada anggota keluarga atau orang-orang terdekatnya. Relasi yang terbangun dari kedua aktor tersebut mampu menjadi kekuatan shadow state yang tidak terlalu nampak di permukaan tetapi memberi pengaruh besar terhadap kebijakan reklamasi di Makassar melalui otoritas negara

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:01
Last Modified: 26 Apr 2022 02:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15863

Actions (login required)

View Item
View Item