Evaluasi Keterlibatan Masyarakat KTH Julukanaya Berbasis Swakelola Dalam Proyek Rehabilitasi hutan dan lahan di Kabupaten Gowa = Evaluation of Self-Management Based KTH KTH Community Involvement in Forest and Land Rehabilitation Projects in Gowa Regency


Afrianti, Nur Wulan (2022) Evaluasi Keterlibatan Masyarakat KTH Julukanaya Berbasis Swakelola Dalam Proyek Rehabilitasi hutan dan lahan di Kabupaten Gowa = Evaluation of Self-Management Based KTH KTH Community Involvement in Forest and Land Rehabilitation Projects in Gowa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M11116530_skripsi cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M11116530_skripsi bab 1-2.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M11116530_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M11116530_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan merupakan suatu kegiatan pengelolaan hutan yang bertujuan untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan produktivitas hutan, sehingga hutan dapat berfungsi sebagai perlindungan lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sistem, dan alur proyek RHL serta evaluasi peran pelibatan masyarakat dalam RHL di Kabupaten Gowa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka serta menganalisis data menggunakan deskriktif kuantitatif . Dari hasil kajian ini dapat dikatakan bahwa pelaksanaan program kegiatan RHL menggunakan sistem berbasis swakelola yang dilaksanakan oleh BPDASHL Jeneberang-Saddang dengan memberikan mandat kepada KTH Julukanaya untuk melaksanakan kegiatan RHL Sumber Mata Air. Bentuk pelaksanaan tersebut meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi. Beberapa tahapan yang dilakukan melibatkan masyarakat yang diawasi secara langsung oleh pemerintah desa. Keterlibatan masyarakat pada kegiatan RHL dapat dilihat pada tahap pelaksanaan seperti pada kegiatan pembersihan lapangan, penentuan arah larikan, pemasangan ajir, pembuatan lubang tanam, pemupukan, distribusi bibit ke lubang tanam, dan penanaman. Keterlibatan masyarakat dalam kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan tergolong sedang dengan hasil persentase tingkat partisipasi masyarakat 53,33 % dan 46,67 % berada pada tingkat partisipasi tinggi.
Keywords : RHL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 May 2022 06:00
Last Modified: 11 May 2022 06:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15855

Actions (login required)

View Item
View Item