Identifikasi Potensi Ekowisata Pantai di Pulau Tambolongan, Kabupaten Selayar = Identification of Coastal Ecotourism Potentials in Tambolongan Village, Selayar Regency


Lembang, Natalia Prihartiwi Datu (2022) Identifikasi Potensi Ekowisata Pantai di Pulau Tambolongan, Kabupaten Selayar = Identification of Coastal Ecotourism Potentials in Tambolongan Village, Selayar Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M11116526_skripsi cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M11116526_skripsi bab 1-2.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M11116526_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M11116526_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Pulau Tambolongan memiliki potensi ekowisata pantai yang memiliki keindahan pasir putih. Pengembangan objek wisata diharapkan dapat memperbaiki ekonomi masyarakat setempat. Dengan demikian dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan wisata. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi potensi fisik dan biologi pantai serta budaya masyarakat Pulau Tambolongan sebagai potensi wisata. Kegunaan penelitian yaitu sebagai bahan informasi bagi masyarakat dan pemerintah Pulau Tambolongan untuk pengembangan ekowisata pantai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September. Adapun variabel yang diamati berupa potensi biologi (flora dan fauna), Untuk potensi flora, dilakukan dengan menggunakan plot pengamatan. Terdapat 16 jenis flora pada pantai barat yang didominasi oleh Lannea grandis dan 11 jenis flora pada pantai timur yang didominasi oleh Terminalia cattapa dan Casuarina equisetifolia yang dapat dijadikan sebagai pohon peneduh pada saat wisata pantai. Sedangkan potensi fauna, dilakukan dengan menggunakan metode line transect terdiri dari kelas taksonomi 12 jenis aves, 2 jenis gastropoda, 2 jenis malacostraca dan 1 jenis mamalia yang didominasi oleh aves pada pagi dan siang hari dan malacostraca pada sore hari. Potensi fisik pantai di Pulau Tambolongan berupa lebar dan kemiringan pantai yang dapat mempengaruhi kegiatan berwisata di pantai dan camping ground sebagai sarana lokasi wisata. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memperhatikan kebersihan pantai di Pulau Tambolongan sehingga pengelolaan sampah tidak terarah, sedangkan sarana dan prasarana pantai kurang memadai, kurang dilengkapi alat penunjang sarana prasana wisata pantai. Dan terdapat kebudaayaan yang beraada di Pulau Tambolongan akan tetapi sudah banyak kebudayaan yang tidak dilakukan lagi oleh masyarakat, dikarenakan banyaknya masyarakat yang sudah keluar dari Pulau Tambolongan.
Kata kunci: Pulau Tambolongan, Potensi ekowisata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 May 2022 05:59
Last Modified: 11 May 2022 05:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15853

Actions (login required)

View Item
View Item