PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PENYADAP GETAH PINUS (Pinus merkusii) = The Influence Of Social Economic Characteristics On Income Of Pine Sap Tappers (Pinus merkusii)


Risna, Risna (2022) PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN PENYADAP GETAH PINUS (Pinus merkusii) = The Influence Of Social Economic Characteristics On Income Of Pine Sap Tappers (Pinus merkusii). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M11116065_skripsi_cover1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M11116065_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M11116065_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M11116065_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik sosial ekonomi penyadap getah Pinus merkusii di Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros dan Menganalisis Karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan penyadap getah Pinus merkusii di Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. Karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan penyadap adalah Umur Petani, Pendidikan, Jumlah tanggungan, lama bekerja, jumlah pohon, jarak ke lokasi penyadapan, luas lahan usaha tani dan pendapatan usaha tani. Penelitian dilaksanakan secara langsung dengan menggunakan teknik wawancara kepada 30 responden yang dipilih secara purposive sampling dengan sasaran utama adalah para penyadap getah di Desa Cenrana Baru. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji-T, uji-F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-T ternyata karakteristik sosial ekonomi umur, pendidikan, jumlah tanggungan dan jarak ke lokasi penyadapan tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat pendapatan penyadap. Uji-F menunjukkan semua karakteristik sosial ekonomi ternyata berpengaruh nyata terhadap tingkat pendapatan penyadap. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa tingkat pendapatan penyadap di Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros 78,2% dipengaruhi oleh variabel umur penyadap, pendidikan, jumlah tanggungan, lama bekerja, jarak ke lokasi penyadapan, luas lahan usaha tani dan pendapatan usaha tani, sedangkan 21,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Adapun persentase pendapatan dari getah pinus sebesar 31% sedangkan pada kegiatan bertani sebesar 69%.
Kata Kunci: Getah Pinus merkusii, Karakteristik Sosial Ekonomi, Pendapatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 May 2022 05:56
Last Modified: 11 May 2022 05:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15849

Actions (login required)

View Item
View Item