Analisis Pendapatan Petani Penyadap Getah Pinus (Pinus merkusii) Metode Koakan di KPH Mamasa Tengah = Analysis of Farmers' Income for Pine Tappers (Pinus merkusii) Koakan Method at KPH Mamasa Tengah


Yuniar, Fira (2022) Analisis Pendapatan Petani Penyadap Getah Pinus (Pinus merkusii) Metode Koakan di KPH Mamasa Tengah = Analysis of Farmers' Income for Pine Tappers (Pinus merkusii) Koakan Method at KPH Mamasa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M11116003_skripsi_cover1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M11116003_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (911kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M11116003_skripsi_dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M11116003_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu jenis Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang dapat dimanfaatkan getahnya adalah tegakan pinus. Tegakan pinus harus disadap untuk mendapatkan hasil berupa getah dan tentunya membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak untuk bekerja sebagai penyadap getah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melibatkan masyarakat yang ada disekitar hutan. Minat masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan penyadapan getah pinus masih rendah. Penyebab dari rendahnya minat masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan penyadapan getah pinus diduga akibat rendahnya kontribusi pendapatan dari kegiatan penyadapan getah pinus terhadap pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan petani penyadap getah pinus dan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya pendapatan petani penyadap getah pinus di KPH Mamasa Tengah Sulawesi Barat. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan petani penyadap getah pinus yaitu sebesar Rp 1.577.500/bulan apabila alat dan bahan ditanggung oleh perusahaan dan pendapatan petani penyadap getah pinus sebesar Rp 30.020/bulan apabila alat dan bahan ditanggung oleh petani. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa faktor-fakor yang mempengaruhi besarnya pendapatan petani penyadap getah pinus yaitu luas area sadapan.
Keywords : Getah pinus, HHBK, penyadapan dan pendapatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 May 2022 05:54
Last Modified: 11 May 2022 05:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15841

Actions (login required)

View Item
View Item