IKAN SAPU SAPU DANAU TEMPE KABUPATEN WAJO: SPESIES, KOMPOSISI BAGIAN TUBUH DAN KANDUNGAN KANDUNGAN LOGAM BERAT = Amazon Armoured Catfish in Tempe Lake, Wajo Regency: Species, Body Composition and Heavy Metal Content


Latuconsina, Nur Sakinah (2022) IKAN SAPU SAPU DANAU TEMPE KABUPATEN WAJO: SPESIES, KOMPOSISI BAGIAN TUBUH DAN KANDUNGAN KANDUNGAN LOGAM BERAT = Amazon Armoured Catfish in Tempe Lake, Wajo Regency: Species, Body Composition and Heavy Metal Content. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L051171518_skripsi_cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L051171518_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L051171518_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L051171518_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Ikan sapu sapu merupakan ikan asing bersifat invasif yang saat ini mendominasi populasi ikan di perairan tawar Indonesia termasuk Danau Tempe di Sulawesi Selatan. Meskipun jumlahnya berlimpah namun ikan sapu sapu belum dimanfaatkan sebagaimana pemanfaatan ikan pada umumnya karena diduga ikan sapu sapu tercemar logam berat yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan spesies, mengetahui komposisi bagian – bagian tubuh dan menentukan kandungan logam berat Hg, Pb dan Cd ikan sapu sapu dari Danau Tempe. Pengambilan sampel ikan dilakukan dengan metode purposive sampling di area yang menjadi salah satu lokasi penangkapan ikan oleh nelayan dan banyak ditemukan ikan sapu sapu yaitu dalam wilayah Desa Barutancung Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Penentuan spesies ikan berdasarkan pola abdomen, komposisi bagian – bagian tubuh ikan dinyatakan sebagai persentase relatif terhadap berat ikan utuh dan analisa logam berat dengan metode serapan atom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 70% dari 90 ekor ikan sapu sapu ditentukan sebagai Pterygoplichthys pardalis dan 30% adalah jenis hibrid inter-grade. Bagian kepala dan daging ikan merupakan bagian tubuh terbanyak dengan persentase 34,04% dan 26,64%. Kandungan logam berat sampel hati, usus, insang, daging merah, daging putih, tulang dan kulit/sisik ikan sapu sapu adalah Hg <0,005 mg/kg, Pb < 0,10 mg/kg dan Cd <0,02 mg/kg. Kandungan logam berat tersebut lebih rendah dari ambang batas persyaratan SNI dan BPOM sehingga aman bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsi. Dengan demikian ikan sapu sapu P. pardalis yang mendominasi Danau Tempe dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan bahan baku untuk produk turunan lainnya.
Keywords : ikan sapu sapu, penentuan spesies, logam berat, Danau Tempe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:44
Last Modified: 27 Apr 2022 04:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15829

Actions (login required)

View Item
View Item