Pengaturan Hukum Internasional Tentang Transfer Data Pribadi Lintas Negara


Lubis, Siti Nurhalima (2022) Pengaturan Hukum Internasional Tentang Transfer Data Pribadi Lintas Negara. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11115389_skripsi_cover1.jpg

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11115389_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11115389_skripsi_dp.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
B11115389_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hukum internasional tentang perlindungan hukum terhadap transfer data pribadi lintas negara, dan untuk mengetahui praktik negara dalam transfer data pribadi lintas negara. Kajian ini penting di era kemajuan teknologi dan informasi mengingat data pribadi memiliki nilai ekonomi tinggi dan menjadi tolak ukur negara dalam menegakkan kedaulatannya melalui perlindungan terhadap data pribadi warga negaranya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan jenis data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka berupa instrumen hukum internasional, peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan, buku, jurnal, dan karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian. Dalam hasil penelitian ini dianalisis kemudian disajikan secara deskriptif.
Adapun hasil penelitian ini, yaitu (1) Transfer data pribadi telah diatur dalam beberapa hukum internasional seperti OECD Guidelines, GDPR, APEC Privacy Framework dan Privacy Shield. (2) Mayoritas negara di dunia telah mengatur terkait perlindungan transfer data pribadi dalam praktik hukum nasionalnya sebagai wujud keseriusan negara dalam mengatur transfer data pribadi lintas negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data Pribadi, Transfer, Hukum Internasional, Praktik Negara.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:17
Last Modified: 25 Apr 2022 03:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item
View Item