ANALISIS HUKUM TERHADAP EKSISTENSI SANKSI ADAT OLEH A’MASSA PADA DELIK PENCURIAN DI KABUPATEN JENEPONTO (Studi Kasus di Desa Tuju ,Kecamatan Bangkala Barat ,Kabupaten Jeneponto)


Iskandar, Arsad (2022) ANALISIS HUKUM TERHADAP EKSISTENSI SANKSI ADAT OLEH A’MASSA PADA DELIK PENCURIAN DI KABUPATEN JENEPONTO (Studi Kasus di Desa Tuju ,Kecamatan Bangkala Barat ,Kabupaten Jeneponto). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11114082_skripsi_cover1.jpg

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11114082_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11114082_skripsi_dp.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11114082_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Arsad Iskandar (B111 14 082) Analisis Hukum Terhadap Eksistensi Sanksi Adat Oleh A’massa Pada Delik Pencurian di Kabupaten Jeneponto (Studi Kasus Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto), dibimbing oleh Muhammad Said Karim sebagai pembimbing I dan Nur Azisa sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi sanksi adat oleh forum a’massa dan bagaimana pandangan penegak Hukum dalam kaitannya dengan delik pencurian di Kabupaten Jeneponto, dimana ditinjau dalam perspektif Hukum Pidana Adat.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis-empiris. Pendekatan empiris disini digunakan dalam hal menganalisis perilaku masyarakat dalam penerapan sanksi adat A’massa, sedangkan pendekatan yuridis digunakan untuk menganalisa berbagai peraturan dalam undang-undang terkait dengan penerapan sanksi adat A’massa. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Perpustakaan pusat Universitas Hasanuddin dan di Desa Tuju Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto. Penulis melakukan interaksi dengan wawancara oleh beberapa informan yaitu Kepala Desa Tuju, Ketua Forum Massa Bangkala Barat serta Masyarakat terkait dengan kasus yang di teliti, data yang dikumpulkan dari hasil wawancara tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa: (1) Eksistensi forum a’massa masih sangat diakui sampai sekarang dan dianggap bahwa dapat memberikan kedamaian dan ketentraman dalam masyarakat didalam penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan hukum di Desa Tuju Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto adapun bentuk sanksi yang biasa diberikan bagi pelaku Delik pencurian yaitu sanksi fisik misalnya dibunuh dan nonfisik misalnya dikucilkan sampai diasingkan didalam masyarakat, (2) sikap dan pandangan penegak hukum melihat penerapan sanksi yang diberikan oleh Forum a’massa disisi lain penerapannya (forum a’massa) menyalahi hukum namun disisi lainnya dalam hal ini pihak kepolisian tidak mampu berbuat banyak dikarenakan kurangnya dukungan dan personil di daerah tersebut dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang ada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, forum a’massa, Delik Pencurian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:11
Last Modified: 25 Apr 2022 03:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15803

Actions (login required)

View Item
View Item