DIVERSITAS MAKROZOOBENTOS SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN DI SEKITAR CENTRE POINT OF INDONESIA (CPI) = Macrozoobentos Diversity As A Bioindicator Of Water Quality Around The Center Point Of Indonesia (CPI)


Rahman, Fathin Nur (2022) DIVERSITAS MAKROZOOBENTOS SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN DI SEKITAR CENTRE POINT OF INDONESIA (CPI) = Macrozoobentos Diversity As A Bioindicator Of Water Quality Around The Center Point Of Indonesia (CPI). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011171508_skripsi_cover1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011171508_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011171508_skripsi_dp.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011171508_skripsi_20-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diversitas makrozoobentos telah dilaksanakan di perairan sekitar Centre Point of Indonesia. Penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai Juni 2021 pada 6 stasiun. Masing-masing stasiun memiliki kondisi perairan berbeda dan mewakili kondisi perairan yang ada di sekitar CPI. Pada setiap stasiun, dilakukan pengambilan sedimen yang mengandung makrozoobentos dengan menggunakan Ejkman Grab sebanyak 3 kali ulangan. Pengukuran faktor lingkungan seperti suhu, salinitas, pH, oksigen terlarut (DO), kedalaman, arah dan kecepatan arus, juga dilakukan pada masing-masing stasiun dengan 3 kali ulangan. Untuk pengukuran kekeruhan, analisis tekstur sedimen dan bahan organik total (BOT) sedimen dilakukan di laboratorium. Dalam mencermati diversitasnya, dilakukan melalui analisis indeks biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 kelas makrozoobentos terdeteksi selama penelittian yaitu Kelas Gastropoda (4 spesies), Kelas Crustacea, Kelas Ophiuroidea, dan Kelas Oligochaeta masing masing 1 spesies. Kelimpahan dan diversitas makrozoobenthis ditemukan tertinggi pada stasiun 6. Hal ini diduga karena stasiun itu memiliki tekstur sedimen yang berpasir dan kandungan BOT sedimen serta konsentrasi kelarutan oksigen perairan yang tinggi yang menunjang kehidupan makzoobenthos. Namun, secara umum, diversitas makrozoobenthos di perairan sekitar Centre Point of Indonesia tergolong rendah dengan nilai indeks keanekaragaman (H’) 0,00 – 0,16.
Kata Kunci: Makrozoobentos, Reklamasi, Diversitas, Parameter lingkungan, The Center Point of Indonesia (CPI)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:05
Last Modified: 25 Apr 2022 03:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15796

Actions (login required)

View Item
View Item