Potensi Eduwisata Pada Kawasan Mangrove Di Pantai Biringkassi Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep = Edutourism Potential in the Mangrove Area on Biringkassi Beach, Bungoro Sub-District, Pangkep District


Berelaku, Meifani (2022) Potensi Eduwisata Pada Kawasan Mangrove Di Pantai Biringkassi Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep = Edutourism Potential in the Mangrove Area on Biringkassi Beach, Bungoro Sub-District, Pangkep District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L11116522_skripsi_cover1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L11116522_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L11116522_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L11116522_skripsi_14-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Mangrove adalah salah satu ekosistem yang memiliki banyak fungsi, dan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mempelajari dan mengetahui mengenai mangrove tersebut, tetapi sangat disayangkan kawasan mangrove pantai Biringkassi belum ada kegiatan eduwisata yang dilakukan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekowisata mangrove sebagai objek tujuan eduwisata dan aktivitas eduwisata yang dapat dilakukan dikawasan mangrove pantai Biringkassi. Untuk penelitian ini dilakukan secara dekskriptif kuantitatif, yang dalam pengumpulan data terbagi menjadi data primer dan data sekunder, untuk data primer diambil langsung dilapangan, seperti data mangrove dan pendapat responden mengenai potensi eduwisata mangrove berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner, kemudian untuk data sekunder meliputi data spasial dan data atribut. Hasil dari penelitian ini dikawasan mangrove pantai Biringkassi terdapat beberapa jenis mangrove yang tumbuh yaitu Rhizopora mucronata, Avicennia alba, Rhizopora stylosa, dan Sonneratia alba, terdapat juga biota seperti ikan glodok (Periopthalmus sp.), ikan serinding (Ambassis sp.), untuk moluska kelas gastropoda 106 jenis disetiap stasiun dan bivalvia terdapat 3 jenis yang ditemukan, untuk kelas crustacea terdiri dari udang laut (Penaeus sp.), kepiting mangrove (Episesarma sp.) dan kepiting bakau ungu (Scylla tranguebarica). Ditemukan juga ada 5 jenis burung. Tidak hanya itu dikawasan mangrove pantai Biringkassi dapat dilakukan aktivitas eduwisata yang menarik seperti aktivitas pengamatan burung, mangrove tracking, pembibitan dan pengamatan burung, workshop, pendidikan lingkungan hidup. Dan berdasarkan hasil perhitungan kuesioner dari responden maka didapatkan nilai persentase dari pengunjung 92% dan dari penduduk 59%, yang artinya kawasan mangrove pantai Biringkassi berpotensi untuk dilakukan kegiatan eduwisata.
Keywords : Aktivitas Eduwisata, Potensi, Skala Likert, Mangrove, Pangkep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:02
Last Modified: 25 Apr 2022 03:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item
View Item