Mengungkap Efektivitas Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sebagai Strategi Corporate Social Responsibility PT Pelindo IV Makassar


Jumiaty, Jumiaty (2022) Mengungkap Efektivitas Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sebagai Strategi Corporate Social Responsibility PT Pelindo IV Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062191023_tesis cover1.jpg

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062191023_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062191023_tesis daftar pustaka.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062191023_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

JUMIATY. Mengungkap Efektivitas Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sebagai Strategi Corporate Social Responsibility PT Pelindo IV Makassar (dibimbing oleh Syarifuddin dan Andi Kusumawati).

Penelitian ini bertujuan menggambarkan dan menjelaskan secara epistemologi program kemitran dan bina lingkungan sebagai strategi corporate social responsibility (CSR) PT Pelindo IV Makassar.
Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan telepon langsung serta pengecekan dokumen dari berbagai literatur. Informan penelitian adalah beberapa pihak perusahaan PT Pelindo IV Makassar dan masyarakat yang berdampak langsung dengan aktivitas perusahaan, yakni masyarakat di Kelurahan Bulloa dan Tallo Kota Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perealisasian Program CSR melalui program kemitraan dan bina lingkungan yang dijalankan PT Pelindo IV masih belum berjalan sebagaimana seharusnya. Hal ini dibuktikan dengan melihat data dan fakta yang terjadi di lapangan bahwa dalam hal program kemitraan masih belum tepat sasaran dan belum merata kepada masyarakat serta Program CSR melalui bina lingkungan yang juga masih belum layak. Bukti lain berupa perkampungan yang masih tetap kumuh dan mata pencaharian warga yang terganggu akibat adanya pembangunan bandar pelabuhan PT Pelindo IV yang menutupi jalan akses kapal nelayan sehingga aktivitas pencarian nafkah para nelayan terhalang. Dalam hal ini, perusahaan perlu menetapkan dan memutuskan Program CSR yang tepat untuk pemberdayaan masyarakat yang merupakan subjek (dan bukan sebagai objek) dalam pengimplementasian CSR sehingga suara masyarakat harus didengar dan dilibatkan dalam berbagai langkah implementasi CSR perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: corporate social responsibility, efektivitas program kemitraan dan bina lingkungan, masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:43
Last Modified: 25 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item
View Item