Identifikasi Jasa Ekosistem Healing Forest di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros = Identification of Healing Forest Ecosystem Services in Hasanuddin University Education Forest, Cenrana District, Maros Regency


Gunawan, Gunawan (2022) Identifikasi Jasa Ekosistem Healing Forest di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros = Identification of Healing Forest Ecosystem Services in Hasanuddin University Education Forest, Cenrana District, Maros Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171051_skripsi_cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171051_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171051_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171051_skripsi_16-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Hutan memiliki manfaat yang sangat besar bagi makhluk hidup khususnya manusia, dalam hal ini hutan dapat digunakan sebagai media untuk pengurangan stres yang terjadi pada manusia serta dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya. Maka dari itu hutan dapat dijadikan sarana dalam pengobatan secara alami. Istilah dari pengobatan atau terapi yang dilakukan dengan memanfaatkan fungsi hutan itu sendiri disebut dengan istilah healing forest. Istilah healing forest merupakan hal yang baru di Indonesia, hal ini dikarenakan penelitian atau riset tentang hal tersebut masih baru. Salah satu kawasan hutan yang berpeluang untuk dijadikan kawasan healing forest adalah Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin yang terletak di Kab Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jasa ekosistem yang dapat dijadikan spot healing forest di Hutan Pendidikan Unhas, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. Penelitian ini berguna sebagai bahan informasi mengenai jasa ekosistem healing forest di Hutan Pendidikan Unhas, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga bulan Maret 2021. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah parameter faktorfisik mikroklimat, Kerapatan vegetasi dan kelas lereng lokasi penelitian. Parameter kerapatan vegetasi dianalisis dengan analisis NDVI memanfaatkan Citra Sentinel-2A. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1264 Ha dari keseluruhan luas Hutan Pendidikan Unhas masuk kategori sesuai untuk pengembangan healing forest. Adapun luas hutan pendidikan unhas yang termasuk kategori sangat sesuai untuk healing forest adalah seluas 23 Ha. Kawasan tersebut tersebar di 16 lokasi dengan luas masing-lokasi yang bervariasi antara 0.1 Ha hingga 3.1 Ha.
Keywords : Analisis Vegetasi, Healing Forest, Hutan Pendidikan, Mikroklimat, NDVI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:33
Last Modified: 25 Apr 2022 02:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15753

Actions (login required)

View Item
View Item