Potensi Simpanan Karbon Pada Tegakan Pinus (Pinus merkusii Jungh. et de Vriese) Dengan Umur Berbeda Di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja = Potential for Carbon Storage in Stands of Pine (Pinus merkusii Jungh. et de Vriese) with Different Ages in Mengkendek District, Tana Toraja Regency


Parerung, Grace Lande' (2022) Potensi Simpanan Karbon Pada Tegakan Pinus (Pinus merkusii Jungh. et de Vriese) Dengan Umur Berbeda Di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja = Potential for Carbon Storage in Stands of Pine (Pinus merkusii Jungh. et de Vriese) with Different Ages in Mengkendek District, Tana Toraja Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171041_skripsi_cover1.jpg

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171041_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171041_skripsi_dp.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171041_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Memanfaatkan kemampuan hutan dalam menyerap dan menyimpan karbon melalui proses fotosintesis merupakan salah satu upaya alternatif untuk mengatasi permasalahan pemanasan global. Mempertimbangkan hal tersebut, maka perlu kajian lebih mendalam tentang potensi simpanan karbon pada suatu tegakan dari berbagai spesies penyusun tegakan hutan. Salah satu jenis spesies pohon yang berkontribusi dalam menyerap dan menyimpan karbon serta banyak ditanam di daerah Tana Toraja adalah Pinus (Pinus merkusii Jungh. et de Vriese). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi simpanan karbon pada tegakan Pinus dengan umur berbeda di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja. Penentuan plot penelitian ini dilakukan menggunakan metode purposive sampling yaitu berdasarkan umur tegakan dengan ukuran plot 25 x 25 cm dan sub plot 1 x 1 m. Sampel yang diambil adalah tumbuhan bawah, serasah, tanah dan data pohon. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa total simpanan karbon pada tegakan pada umur 10 tahun mencapai 71,06 ton/ha. Kandungan karbon terus meningkat seiring dengan peningkatan umur tegakan. Pada umur 30 tahun kandungan karbon meningkat hampir mencapai lima kali lipat yaitu sebesar 341,13 ton/ha.
Keywords : Pemanasan Global, Simpanan Karbon, Tegakan Pinus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:25
Last Modified: 25 Apr 2022 02:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15749

Actions (login required)

View Item
View Item