Analisis Ketersediaan Unsur Hara Nitrogen (N) pada Tegakan kemiri (Aleurites moluccana) dan jati putih (Gmelina arborea Robx.) di Desa Sawaru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros = The Analysis Avalability Of Elements Of Nitrogen (N) in Upright candlenut (Aleurites Moluccana ) and Upright white teak (Gmelina Arborea Robx) in Sawaru Village,Camba District, Maros Regency


Rahmat, Samsul (2022) Analisis Ketersediaan Unsur Hara Nitrogen (N) pada Tegakan kemiri (Aleurites moluccana) dan jati putih (Gmelina arborea Robx.) di Desa Sawaru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros = The Analysis Avalability Of Elements Of Nitrogen (N) in Upright candlenut (Aleurites Moluccana ) and Upright white teak (Gmelina Arborea Robx) in Sawaru Village,Camba District, Maros Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171021_skripsi cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171021_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171021_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171021_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan unsur hara nitrogen (N) pada tegakan kemiri (Aleurites moluccana) dan jati putih (Gmelina arborea Robx.) di Desa Sawaru, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu dengan memilih dua tegakan yang berbeda jenis pohonnya terdiri atas tegakan kemiri dan tegakan jati putih. Pada masing-masing tegakan dibuat satu plot yang berukuran 50 m x 25 m sebagai tempat pengamatan kondisi lokasi penelitian dan pengambilan sampel tanah. Selanjutnya ditetapkan tujuh titik yang dianggap mewakili di setiap lokasi penelitian sebagai tempat pengambilan sampel tanah. Sampel tanah diambil dari ketujuh titik yang telah ditentukan dalam plot pada kedalaman 0 – 30 cm (lapisan olah) dengan menggunakan cangkul, sekop dan linggis. Penentuan kadar nitrogen dilakukan di Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin dengan metode Kjeldahl. Hasil analisis tanah menunjukan bahwa ketersediaan unsur hara nitrogen (N) dibawah tegakan kemiri dan jati putih di tergolong rendah sampai sedang. Kandungan nitrogen (N) pada tegakan kemiri mempunyai nilai antara 0.17% - 0.34 %, dengan rata-rata 0.25 % yang termasuk dalam kriteria sedang sedangkan pada tegakan jati putih berkisar antara 0.11 % - 0.25 %, dengan rata-rata 0.18 % yang termasuk dalam kriteria rendah.
Kata kunci : Tegakan kemiri dan jati putih, sampel tanah, kandungan nitrogen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:22
Last Modified: 25 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15740

Actions (login required)

View Item
View Item