PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PASCABAYAR PT. TELKOMSEL INDONESIA


Rais, Muhammad (2022) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PASCABAYAR PT. TELKOMSEL INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A012181002_tesis_cover1.jpg

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A012181002_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A012181002_tesis_dp.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A012181002_tesis_18-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pascabayar PT Telkomsel Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode kuantitatif. Metode deskrptif digunakan untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen mengenai kualitas pelayanan PT Telkomsel dalam menerapkan metode CRM terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data dan menggunakan instrumen penelitian. Analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis path (analisis jalur). Hasil uji analisis jalur I menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.995 dan hasil uji analisis jalur II menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.967 yang menunjukkan bahwa hubungan antara variabel independen dan dependen sangat kuat karena memiliki nilai R positif dan mendekati satu. Pengaruh tidak langsung variabel CRM terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan menggunakan uji sobel test. Hasil uji ini menunjukkan nilai thitung > ttabel, yaitu 2.870 > 2.776. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan CRM terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:06
Last Modified: 25 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15721

Actions (login required)

View Item
View Item