PENGEMBANGAN USAHA GULA AREN MELALUI INTEGRASI BUSINESS MODEL CANVAS DAN BLUE OCEAN STRATEGY Studi Kasus: Desa Bonto Sinala, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai = PALM SUGAR BUSINESS DEVELOPMENT THROUGH THE INTEGRATION OF BUSINESS MODEL CANVAS AND BLUE OCEAN STRATEGY Case Study: Bonto Sinala Village, Sinjai Borong District, Sinjai Regency


Rizaldy As, Andi Achmad (2022) PENGEMBANGAN USAHA GULA AREN MELALUI INTEGRASI BUSINESS MODEL CANVAS DAN BLUE OCEAN STRATEGY Studi Kasus: Desa Bonto Sinala, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai = PALM SUGAR BUSINESS DEVELOPMENT THROUGH THE INTEGRATION OF BUSINESS MODEL CANVAS AND BLUE OCEAN STRATEGY Case Study: Bonto Sinala Village, Sinjai Borong District, Sinjai Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M012191021_tesis_cover1.jpg

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M012191021_tesis_bab 1-2.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M012191021_tesis_dp.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M012191021_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Usaha gula aren merupakan salah usaha yang banyak dikembangkan oleh masyarakat khususnya yang berada di sekitar hutan. Pemanfaatan aren sebagai salah satu produk hasil hutan bukan kayu sudah digeluti secara turun temurun. Namun demikian usaha ini belum dikelola sebagai suatu unit bisnis yang berkelanjutan dengan model bisnis yang masih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bisnis usaha gula melalui penerapan business model canvas (BMC) dan blue ocean strategy (BOS). Penerapan bisnis model ini dilakukan pada usaha gula aren yang berada di Desa Bonto Sinala, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipasif dengan teknik observasi, pengamatan langsung pada kegiatan produksi, pengemasan dan pemasaran gula aren yang dilakukan oleh pengrajin gula aren yang ada pada lokasi penelitian. Wawancara Mendalam (indept interview method), dengan menggunakan pedoman wawancara juga dilakukan untuk memperoleh gambaran terkait dengan model bisnis gula aren yang dijalankan. Identifikasi faktor lingkungan internal (IFAS) dan faktor lingkungan eksternal (EFAS) dilakukan melalui analisis SWOT pada sembilan elemen kunci BMC. Perumusan model bisnis dilakukan dengan mengintegrasikan BMC dan BOS pada sembilan elemen BMC pada usaha gula aren. Positioning quadrant usaha ini berada pada kuadran I dengan strategi progresif yang berarti bahwa usaha gula aren ini dalam kondisi yang baik sehingga sangat berpotensi untuk melakukan pertumbuhan serta dapat bersaing dengan penerapan bisnis model yang tepat.
Keywords : Aren, Gula aren, Business model canvas, Positioning quadrant, Blue ocean strategy

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:44
Last Modified: 21 Apr 2022 06:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item
View Item