Strategi Pengelolaan Kuskus Beruang (Ailurops ursinus) di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, Kabupaten Maros = MANAGEMENT STRATEGIES FOR THE DEVELOPMENT OF BEAR CUSCUS (AILUROPS URSINUS) IN THE EDUCATIONAL FOREST OF HASANUDDIN UNIVERSITY, MAROS REGENCY


Putri, Andi Utami Batari (2022) Strategi Pengelolaan Kuskus Beruang (Ailurops ursinus) di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, Kabupaten Maros = MANAGEMENT STRATEGIES FOR THE DEVELOPMENT OF BEAR CUSCUS (AILUROPS URSINUS) IN THE EDUCATIONAL FOREST OF HASANUDDIN UNIVERSITY, MAROS REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M012182012_tesis_cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M012182012_tesis_bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M012182012_tesis_dp.pdf

Download (880kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M012182012_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Utami Batari Putri. Strategi Pengelolaan Kuskus Beruang (Ailurops ursinus) di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, Kabupaten Maros. (dibimbing oleh Amran Achmad dan Risma Illa Maulany).
Penelitian ini bertujuan : (1) Menguraikan kondisi ekologi-biologi dan habitat Kuskus beruang pada lab. Lapangan KSDHE dan sekitarnya di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, (2) Mengetahui persepsi dan sikap masyarakat mengenai Kuskus Beruang. pada Lab. Lapangan KSDHE dan sekitarnya di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin, (3) Menganalisis strategi pengelolaan ekowisata kuskus beruang pada Lab. Lapangan KSDHE dan sekitarnya di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif pengumpulan data dilakukan melalui studi literature, dan wawancara dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, AHP (Analysis hierarchy Process) dan Analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kondisi ekologi-biologi kuskus beruang antara lain: populasi kuskus beruang ditemukan sebanyak 8 individu, perilaku istirahat merupakan perilaku dominan yang dilakukan kuskus beruang, pergerakan harian kuskus beruang tercatat 78m2 – 357m2 perhari, Pohon sarang kuskus beruang ditemukan sebanyak 10 jenis, dan jenis tumbuhan pakan sebanyak sembilan jenis. Habitat kuskus beruang termasuk dalam hutan alam dan hutan pinus dengan ketinggian 400 – 700 mdpl (hutan dataran rendah dan hutan sub pegunungan). 2) Persepsi dan sikap masyarakat termasuk dalam kategori tinggi mengenai kuskus beruang dan pengelolaan ekowisata kuskus beruang di hutan Pendidikan Unhas. 3) Sebanyak 11 kekuatan dan empat kelemahan ditemukan sebagai faktor internal, sebanyak lima peluang dan tiga ancaman ditemukan sebagai faktor ekternal. Hasil analisis matriks IFAS adalah 1,82 dan matrik EFAS adalah 3,95. Strategi prioritas untuk dilakukan dalam pengelolaan ekowisata kuskus beruang terletak pada kuadran I yaitu strategi progresif dengan memadukan kekuatan dan peluang (S – O). Ini memberikan indikasi bahwa peluang untuk strategi pengelolaan ekowisata kuskus beruang berada dalam kondisi yang menguntungkan.
Keywords : Kuskus beruang (Ailurops ursinus), Ekowisata, SWOT, Strategi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:43
Last Modified: 21 Apr 2022 06:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15701

Actions (login required)

View Item
View Item