FORMULASI DAN EVALUASI KARAKTERISTIK FISIK TABLET KARAGINAN YANG DIBUAT DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PENGIKAT = FORMULATION AND EVALUATION OF THE PHYSICAL CHARACHTERISTICS OF CARRAGEENAN TABLETS MADE USING BINDER VARIATION


Panggalo, Winner (2022) FORMULASI DAN EVALUASI KARAKTERISTIK FISIK TABLET KARAGINAN YANG DIBUAT DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PENGIKAT = FORMULATION AND EVALUATION OF THE PHYSICAL CHARACHTERISTICS OF CARRAGEENAN TABLETS MADE USING BINDER VARIATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N011171039_skripsi cover1.jpg

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N011171039_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N011171039_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N011171039_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Karaginan adalah salah satu jenis polisakarida sulfat yang diekstraksi dari rumput laut Kappaphycus alvarezii yang telah diteliti memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar gula darah tikus pada dosis 10mg/200gBB setara dengan 560 mg dosis manusia. Berdasarkan hal ini, perlu dilakukan formulasi karaginan dalam bentuk sediaan tablet. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengevaluasi karakteristik fisik granul dan tablet karaginan dengan menggunakan variasi pengikat amilum manihot dan PVP K-25. Formula dibuat dalam 5 variasi yaitu F1 dan F2 menggunakan pengikat mucilago amilum manihot 5%b/b dan 10%b/b, F3 dan F4 menggunakan pengikat PVP K-25 2,5 dan 5%, dan F5 dibuat tanpa pengikat. Evaluasi dilakukan terhadap granul dan sediaan tablet yang diperoleh. Hasil evaluasi menunjukkan semua formula memenuhi persyaratan evaluasi karakteristik granul, yaitu uji kandungan lembab, uji bobot jenis (BJ) sejati, uji bobot jenis (BJ) nyata, BJ mampat, dan porositas, uji kecepatan alir, dan sudut istirahat. Pada evaluasi karakteristik tablet, semua formula memenuhi persyaratan keseragaman ukuran. Pada uji keseragaman bobot, hanya F2 dan F5 yang memenuhi persyaratan. Pada uji kekerasan dan kerapuhan tidak ada satupun formula yang memenuhi persyaratan, serta pada uji waktu hancur, F1, F2, F4, dan F5 memenuhi persyaratan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa karaginan dalam jumlah yang besar tidak dapat dibuat dalam bentuk sediaan tablet, namun masih dapat dibuat granul dan penambahan variasi pengikat tidak menunjukkan pengaruh pada hasil evaluasi karakteristik fisik granul dan tablet karaginan, sehingga disarankan untuk dibuat dalam bentuk sediaan lain, seperti kapsul atau suspensi.
Keywords : Karaginan, tablet, granul, amilum manihot, PVP K-25

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:13
Last Modified: 21 Apr 2022 06:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item
View Item