ANALISIS OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN PEMBANGUNAN KABUPATEN MAMUJU


Sari, Dian Puspita (2022) ANALISIS OPTIMALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN PEMBANGUNAN KABUPATEN MAMUJU. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A042191034_tesis_cover1.jpg

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A042191034_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A042191034_tesis_dp.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A042191034_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

DIAN PUSPITA SARI. Analisis Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Pertumbuhan Pembangunan Kabupaten Mamuju (dibimbing oleh Siti Haerani dan Sri Sundari)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis potensi sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah dan cara pengoptimalannya terhadap Pertumbuhan Pembangunan di Kabupaten Mamuju.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Hasil yang diperoleh adalah: 1). Potensi sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah yang ada di Kabupaten Mamuju bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain PAD yang sah. 2). Cara pengoptimalan Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Pembangunan di Kabupaten Mamuju dengan memasang alat Mobile Payment Online System (M-POS) kepada semua wajib pungut pajak. Hal ini dilakukan karena dari total target dan realisasi PAD Kabupaten Mamuju tahun 2017-2020 semuanya tidak mencapai 100% sesuai harapan, maka disimpulkan bahwa pendapatan asli daerah di kabupaten Mamuju belum optimal. Hal ini disebabkan karena kesadaran wajib pungut pajak masih sangat kurang dan membuktikan teori dari Peacock dan Wiseman yang berpendapat bahwa pemerintah selalu berusaha memperbesar pengeluaran, sedangkan masyarakat tidak suka membayar pajak yang semakin besar untuk membiayai pengeluaran pemerintah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Pertumbuhan Pembangunan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:52
Last Modified: 21 Apr 2022 05:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item
View Item