FUNGSI PENGAWASAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DI PROVINSI SULAWESI BARAT


Al Alim. S, Al Alim. S (2022) FUNGSI PENGAWASAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DI PROVINSI SULAWESI BARAT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A042191033_tesis_cover1.jpg

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A042191033_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A042191033_tesis_dp.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A042191033_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Al Alim. Fungsi Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Di Provinsi Sulawesi Barat. (Dibimbing oleh Andi Kusmawati dan Muhammad Soebarsyah).
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui proses implementas fungsi pengawasan DPRD dalam pelaksanaan Perda (Peraturan Daerah) APBD serta kendala dalam implementasi fungsi pengawasan DPRD dalam pelaksanaan Perda (Peraturan Daerah) pada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang sifatnya normatif dan empiris, di mana metode atau cara yang digunakan di dalam penelitian ini dengan meneliti fungsi Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Di Provinsi Sulawesi Barat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh para anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat telah berjalan dengan baik untuk mengawal aspirasi masyarakat dengan rutin melakukan monitoring dan kunjungan lapangan, masukan dari publik. Kegiatan reses menjadi salah satu upaya untuk mengurangi kendala yang dimiliki oleh anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat dalam menjalankan fungsi pengawasan. Dalam kegiatan ini legislative, masyarakat dan pihak pemerintah dipertemukan untuk bermusyawarah serta berdiskusi untuk berbagi kegiatan yang akan dilaksanakan ataupun yang telah dilakukan oleh pemerintah

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penganggaran, Pengawasan, Peraturan Daerah, Legislatif
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:52
Last Modified: 21 Apr 2022 05:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15659

Actions (login required)

View Item
View Item