PENGARUH STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, TEKNOLOGI INFORMASI, DAN AUDIT INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Nur, Zulkarnain (2022) PENGARUH STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, TEKNOLOGI INFORMASI, DAN AUDIT INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A042191031_tesis_cover1.jpg

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A042191031_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A042191031_tesis_dp.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A042191031_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ZULKARNAIN NUR. Pengaruh Standar Akuntansi Pemerintahan, Teknologi Informasi, dan Audit Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan Kompetensi Sumber Daya Manusia sebagai Variabel Moderasi (Dibimbing oleh Amiruddin dan Syarifuddin Rasyid)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis penggunaan standar akuntansi pemerintahan, pemanfaatan teknologi Informasi, dan peran audit internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan kompetensi sumber daya manusia sebagai variabel moderasi.
Objek Penelitian pada Pemerintah Kabupaten Mamuju dengan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 102 responden dari 45 SKPD yang ada di Kabupaten Mamuju. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan moderated regression analysis.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan standar akuntansi pemerintahan, pemanfaatan teknologi Informasi, dan peran audit internal berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Namun, dengan kompetensi sumber daya manusia sebagai variabel moderasi hanya bisa meningkatkan penggunaan standar akuntansi pemerintahan, tetapi tidak dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi, dan peran audit internal terhadap kualitas Laporan keuangan pemerintah daerah di Kabupaten Mamuju.
Melalui penelitian ini, pemerintah daerah Kabupaten Mamuju dapat meningkatkan pelayanan dengan memaksimalkan penggunaan standar akuntansi pemerintahan, pemanfaatan teknologi informasi, dan peran audit internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: standar akuntansi pemerintahan, teknologi Informasi, audit internal, kualitas laporan keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:51
Last Modified: 21 Apr 2022 05:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item
View Item