PEMBERIAN TABLET ZINK PADA IBU HAMIL DEFISIENSI ZINK TRIMESTER III TERHADAP BERAT BADAN DAN PANJANG BADAN BAYI LAHIR DI PUSKESMAS WILAYAH KOTA MAKASSAR = GIVING ZINK TABLETS TO PREGNANT WOMEN ZINK TRIMESTER III DEFICIENCY TOWARDS WEIGHT AND BODY LENGTH OF BIRTH IN PUSKESMAS, MAKASSAR CITY


Nurfadhilah S, Andi (2022) PEMBERIAN TABLET ZINK PADA IBU HAMIL DEFISIENSI ZINK TRIMESTER III TERHADAP BERAT BADAN DAN PANJANG BADAN BAYI LAHIR DI PUSKESMAS WILAYAH KOTA MAKASSAR = GIVING ZINK TABLETS TO PREGNANT WOMEN ZINK TRIMESTER III DEFICIENCY TOWARDS WEIGHT AND BODY LENGTH OF BIRTH IN PUSKESMAS, MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191021_tesis_cover1.jpg

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102191021_tesis_bab 1-2.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102191021_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102191021_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Nurfadhilah S, Pemberian Tablet Zink Pada Ibu Hamil Defisiensi Zink Trimester III Terhadap Berat Badan Dan Panjang Badan Bayi Lahir, (dibimbing oleh A. Wardihan Sinrang dan Suryani As’ad.
Latar belakang: Menurut Data World Health Organization (WHO) 2018 secara global, diperkirakan 17,3% populasi memiliki asupan zink yang tidak memadai, dengan perkiraan mulai dari 5,7% di Oseania hingga 7,6% di Eropa, 9,6% di Amerika dan Karibia, tertinggi di Afrika (23,9%) dan Asia (19,6%). Zink penting untuk fungsi sejumlah enzim dan hormon pertumbuhan selama kehamilan. Pada ibu hamil, konsentrasi zink relatif menurun hingga 35% karena pengaruh perubahan hormon dan transpor nutrisi dari ibu ke bayi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian tablet zink pada ibu hamil defisiensi zink trimester III terhadap Berat Badan dan Panjang Badan Bayi Lahir Di Puskesmas Wilayah Kota Makassar.
Metode: Jenis penelitian ini adalah True experimental dengan rancangan pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 22 Maret sampai 22 Juni 2021 di Puskesmas wilayah kota Makassar. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah ibu hamil trimester III berjumlah 36 sampel dari kelompok intervensi selama 2 minggu dan 26 sampel dari kelompok kontrol. Kelompok intervensi pertama diberikan tablet zink dosis 20mg/hari dan kelompok kontrol hanya diberikan penyuluhan selama 2 minggu. Untuk menganalisis kadar zink pada ibu hamil trimester III menggunakan analisis statistik Uji mann-Withney.
Hasil: Dilihat dari nilai rata-rata bayi baru lahir pada ibu hamil yang tidak mengalami defisiensi zink dengan nilai rata – rata berat badan lahir pada ibu hamil yang mengalami defisiensi zink sebesar 15.70 dan 18.95 pada ibu hamil yang tidak mengalami defisiensi zink dengan nilai (p< 0.05), sedangkan pada ibu hamil yang mengalami defisiensi zink dengan nilai rata – rata panjang badan lahir sebesar 10.00 dan ibu yang tidak mengalami defisiensi sebesar 19.87 dengan nilai (p< 0.05). Sehingga dapat disimpulkan pemberian tablet zink pada ibu hamil trimester III berpengaruh terhadap Berat Badan Lahir (BBL) dan Panjang Badan Lahir (PBL).
Kesimpulan: Pemberian tablet zink berpengaruh terhadap peningkatan kadar zink pada ibu hamil defisiensi zink trimester III dan peningkatan berat badan dan panjang badan bayi lahir.
Kata Kunci : Tablet Zink, Kadar Zink, Defisiensi Zink, Ibu hamil Trimester III

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:47
Last Modified: 21 Apr 2022 05:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item
View Item