INVESTIGASI EKSPERIMEN TRIM KAPAL PLANING HULL BERDASARKAN PENINGKATAN KECEPATAN DAN TAHANAN KAPAL MELALUI APLIKASI MAXSURF


Zidan, Muh. Syah (2022) INVESTIGASI EKSPERIMEN TRIM KAPAL PLANING HULL BERDASARKAN PENINGKATAN KECEPATAN DAN TAHANAN KAPAL MELALUI APLIKASI MAXSURF. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D031171512_skripsi_cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D031171512_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D031171512_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D031171512_skripsi_11-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal cepat saat ini banyak mengalami perubahan atau modifikasi guna mendapatkan desain kapal yang menjamin performa kapal saat berlayar dilautan, salah satunya pada modifikasi hull. Salah satu modifikasi hull adalah perubahan bentuk lambung dengan Deadrise Angle serta penambahan bentuk Stepped. Adapun prinsip dasar dari penggunaan Stepped mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Variasi deadrise angle yang digunakan adalah 5 derajat, Sedangkan desain bentuk Stepped yaitu Stepped 2U. Jumlah Stepped yang didesain dikategorikan menjadi 1, 2, dan 3 Stepped. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nilai tahanan model kapal Deadrise Angel dengan bentuk Stepped 2U pada setiap kondisi trim berdasarkan analisis sofware maxsurf. Penelitian ini dilaksanakan melalui eksperimen yang dilakukan dilaboratorium Hidrodinamika kapal untuk mendapatkan kecepatan dan derajat trim model kapal, yang selanjutnya akan menjadi data dalam penentuan nilai tahanan menggunakan software maxsurf. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bagaimana pengaruh kenaikan trim dan hubungannya dengan tahanan model kapal dengan menggunakan deadrise Angel 5 derajat Stepped 2U pada setiap kecepatan yang berbeda. Berdasarkan analisa tahanan pada lambung deadrise angle 5 derajat Stepped 2U, diketahui bahwa tahanan total kapal cenderung meningkat seiring dengan penambahan jumlah Stepped serta peningkatan kondisi trim kapal. Pada model kapal 3 Stepped 2U memiliki nilai tahanan yang lebih kecil dibandingkan dengan model kapal 1 Stepped 2U dan 2 Stepped 2U. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penambahan Stepped pada model kapal dapat mengurangi tahanan kapal akibat dari pengurangan luas bidang basah kapal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:25
Last Modified: 20 Apr 2022 06:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item
View Item