EFEKTIVITAS MATERIAL GEL TERIPANG EMAS (STICHOPUS HERMANII) KOMBINASI HIDROKSIAPATIT SINTETIK SEBAGAI BONE GRAFT TERHADAP EKSPRESI OSTEOKALSIN PADA REGENERASI TULANG (IN VIVO PADA DEFEK TULANG FEMUR CAVIA PORCELLA) = THE EFFECTIVENESS OF GOLDEN SEA CUCUMBER (STICHOPUS HERMANII) GEL MATERIALS COMBINATION OF SYNTHETIC HYDROXYAPATITE AS BONEGRAFT ON THE NUMBER OF OSTEOCALCIN IN BONE REGENERATION (IN VIVO IN CAVIA PORCELLA BONE DEFECT)


Putri, Sri Wahyu (2022) EFEKTIVITAS MATERIAL GEL TERIPANG EMAS (STICHOPUS HERMANII) KOMBINASI HIDROKSIAPATIT SINTETIK SEBAGAI BONE GRAFT TERHADAP EKSPRESI OSTEOKALSIN PADA REGENERASI TULANG (IN VIVO PADA DEFEK TULANG FEMUR CAVIA PORCELLA) = THE EFFECTIVENESS OF GOLDEN SEA CUCUMBER (STICHOPUS HERMANII) GEL MATERIALS COMBINATION OF SYNTHETIC HYDROXYAPATITE AS BONEGRAFT ON THE NUMBER OF OSTEOCALCIN IN BONE REGENERATION (IN VIVO IN CAVIA PORCELLA BONE DEFECT). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J035191012_tesis_28-03-2022 cover1.jpg

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J035191012_tesis_28-03-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J035191012_tesis_28-03-2022 daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J035191012_tesis_28-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

EFEKTIFITAS MATERIAL GEL TERIPANG EMAS (STICHOPUS HERMANII) KOMBINASI HIDROKSIAPATIT SINTETIK SEBAGAI BONEGRAFT TERHADAP JUMLAH OSTEOBLAS PADA REGENERASI TULANG (IN VIVO PADA DEFEK TULANG CAVIA PORCELLA)
Pendahuluan: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan alternatif bahan graft jenis xenograft yang masih terbilang cukup mahal dan sulit dijangkau. Sehingga peneliti berusaha memanfaatkan bahan lain berupa Teripang Emas, yang diketahui memiliki kandungan kolagen dan protein yang tinggi, memiliki sifat osteoinduktif untuk mendukung regenerasi tulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas gel Teripang Emas (Stichopus Hermanii) yang dikombinasikan dengan HA sintetik dalam mempercepat regenerasi tulang, sehingga nantinya dapat digunakan sebagai salah satu alternatif xenograft yang ideal. Manfaat penelitian ini adalah memperkaya ilmu pengetahuan dan dasar penelitian selanjutnya. Bahan dan Metode:Proses pembuatan gel Teripang Emas di Laboratorium Biologi FMIPA UNM Makassar, pemeliharaan dan implantasi sampel dilakukan di La Costae Pet shop, Hertasning Makassar (klinik dokter hewan Makassar, dan pemeriksaan imunohistokimia di Laboratorium Biokimia Fakultas Kedokteran Brawijaya, Malang. Penelitian menggunakan sampel 30 ekor marmut yang terdiri dari 2 waktu pengamatan yaitu hari ke 14 dan hari ke 21 setelah tahap implantasi. Marmut dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan. Masing-masing 5 ekor marmut dalam satu perlakuan dan dalam satu waktu pengamatan. Dibuat defek pada salah satu femur marmut menggunakan bur diamond dengan diameter dan kedalaman ukuran kavitas 3 mm, defek pertama pada marmut diisi dengan bahan gel kombinasi Teripang Emas dan HA sintetik (TE-HA). Defek kedua diisi dengan bahan bonegraft paten (BATAN), dan defek ketiga marmut diisi dengan gel placebo. Kemudian defek ditutup kembali, dan dilakukan penjahitan. Dilanjutkan dengan pemberian antibiotik dan analgesik. Pengambilan blok tulang dilakukan pada hari ke 14 dan 21 setelah proses implantasi, yang selanjutnya dilakukan analisa imunohistokimia di Laboratorium Biokimia-Biomolekuler Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya Malang.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan rerata jumlah osteokalsin pada masing-masing pengamatan hari ke 14 dan 21 pada kelompok uji yaitu kelompok yang diimplantasikan kombinasi gel Teripang Emas dan HA sintetik, dengan kelompok kontrol positif yaitu kelompok yang diimplantasikan HA paten (BATAN).
Kesimpulan: Kombinasi gel teripang emas dan HA sintetik memiliki sifat dan keunggulan yang hampir sama dengan bonegraft paten.
Kata Kunci : Osteocalcin, Regenerasi tulang, Teripang Emas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:28
Last Modified: 14 Apr 2022 05:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15557

Actions (login required)

View Item
View Item