PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETERNAK MELAKUKAN SISTEM KEMITRAAN USAHA SAPI POTONG (TESENG) DI KECAMATAN LIBURENG KABUPATEN BONE


ST. Rohani, - and Ahmad Ramadhan Siregar, - and Tanri Giling Rasyid, - and Muhammad Darwis, - PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETERNAK MELAKUKAN SISTEM KEMITRAAN USAHA SAPI POTONG (TESENG) DI KECAMATAN LIBURENG KABUPATEN BONE. Prosiding Webinar Nasional 2020.

[thumbnail of PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETERNAK MELAKUKAN SISTEM.pdf] Text
PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETERNAK MELAKUKAN SISTEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract (Abstrak)

Pengambilan keputusan peternak untuk melakukan sistem teseng dipengaruhi oleh perilaku, persepsi, dan motivasi peternak bahwa pengelolaan usaha ternak sapi potong dengan system teseng dapat memberikan hasil yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan keputusan peternak melakukan sistem kemitraan usaha sapi potong (teseng). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana terhadap 100 orang peternak yang tersebar di dua puluh desa di Kecamatan Libureng. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan bantuan kuisioner yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan peternak melakukan sistem kemitraan usaha sapi potong (teseng) di Kecamatan Libureng yang terdiri dari sub variabel: (1) adanya permintaan dari keluarga; (2) tuntutan ekonomi keluarga; (3) modal usaha yang terbatas; (4) tambahan pendapatan; (5) adanya waktu luang; (6) penerapan sistem teseng lebih mudah; dan (7) meningkatkan status sosial berada pada kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:21
Last Modified: 14 Apr 2022 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item
View Item